Comscore Tracker

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? 

Bisa jadi inspirasi menu makan nih!

Seperti yang kamu ketahui, negara-negara Asia terkenal dengan cita rasa masakannya yang lezat dengan rempah-rempah yang kaya. Sama seperti Indonesia, Thailand juga memiliki banyak makanan lezat yang menarik untuk dijelajahi.

Thailand juga memiliki beragam olahan kubis yang pastinya menarik untuk dicoba. Sayur kubis biasanya disulap menjadi hidangan tumis, sup, hingga dijadikan acar. Mau tahu apa saja kreasi lainnya? Yuk, simak berikut ini.

1. Sup kubis Thailand 

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? ilustrasi sup kubis (youtube.com/Gold Spice)

Meski terlihat elegan, hidangan ini bisa dibuat dengan simpel menggunakan bumbu bubuk instan. Campurkan bubuk bumbu instan dengan air dan tambahkan tepung jagung. Didihkan air dalam panci, kemudian tambahkan kubis dan sedikit garam.

Setelah kematangannya 70 persen, kecilkan api dan tambahkan saus bawang putih Thailand serta saus cabai. Campurkan larutan bubuk bumbu tadi dan aduk hingga mengental. Lebih nikmat disajikan selagi panas.

2. Pad thai sayur kubis 

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? ilustrasi pad thai (pixabay.com/echi echi)

Pad thai termasuk salah satu hidangan Thailand yang terkenal hingga di seluruh penjuru dunia. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan kubis, wortel, paprika, bawang hijau, telur, tauge, dan kacang panggang.

Bahan-bahan tersebut dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, garam, dan lada hitam. Hidangan ini juga dinikmati dengan saus yang terbuat dari cuka beras, kecap ikan, saus tamarin, saus tomat, gula merah, cabai rawit, dan chili garlic sauce.

Baca Juga: 5 Kreasi Kopi Khas Thailand, Hempaskan Kantuk secara Maksimal

3. Acar kubis Thailand 

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? ilustrasi acar kubis (youtube.com/White On Rice Couple -Todd Porter & Diane Cu-Porter)

Di Thailand, kubis juga biasa dikreasikan sebagai acar yang disebut dengan pak dong. Acar kubis ini sangat mudah dibuat dan bisa dimakan dengan berbagai cara. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan persiapan seperti memotong kubis, daun bawang, dan bawang putih,

Dalam mangkuk berisi bahan-bahan tersebut, tambahkan nasi dan garam dan aduk hingga rata. Masukkan pada toples dengan tambahan cabai dan air rendaman beras. Diamkan pada suhu kamar hingga asam, lalu pindahkan ke lemari es.

4. Sup kubis isi daging 

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? ilustrasi sup kubis isi daging (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Hidangan ini biasa disebut dengan gang jued kalampri yad sai. Hidangan ini menyajikan sup dengan komponen daging yang digulung dalam kubis. Jenis daging yang digunakan bisa menggunakan daging apa saja, termasuk daging babi.

Hidangan ini merupakan menu sehat yang biasa difavoritkan anak-anak dan orang dewasa. Beberapa orang bahkan mengandalkan hidangan sup ini sebagai menu untuk menurunkan berat badan.

5. Kubis bumbu bawang putih 

5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? ilustrasi kubis bumbu bawang putih (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Hidangan ini yang umum dibuat saat mengkreasikan kubis. Hidangan ini juga sering dijadikan makanan pendamping pada masakan Thailand untuk berperan sebagai tambahan sayuran. Hidangan ini dinamakan galam plee pad nampla.

Hidangan ini sangat mudah. Kamu bisa melakukannya dengan langsung menumis bawang putih tumbuk hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah itu, tambahkan kubis dan bumbui dengan kecap asin dan merica.

Itulah beberapa masakan Thailand yang bisa kamu coba saat mengkreasikan kubis. Setelah melihat uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Thailand memiliki kreasi kubis menjadi hidangan acar, sup, hingga tumisan.

Baca Juga: 5 Macam Menu Thailand dengan Bumbu Ketumbar, Sedap Banget!

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya