Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembut

Semuanya lezat, lho

Siapa yang suka ikan lele, nih? Jika kamu suka olahan ikan lele untuk jadi lauk namun bingung resep apa untuk mengolahnya, simak inspiranya di sini, ya!

Kamu bisa membuat olahan ikan lele ala Thailand yang menyegarkan! Mulai dari salad, tumis hingga gorengan pun ada, lho. Langsung intip olahannya di bawah ini!

1. Salad lele goreng 

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembutilustrasi salad lele goreng (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Hidangan yang satu ini mengkreasikan ikan lele dalam bentuk salad yang disajikan dengan saus mangga hijau asam pedas. Hidangan ini disebut yam pla dook fu. Menu lele yang satu ini biasanya sangat disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Daging ikan yang renyah dicocol dengan saus mangga yang asam dan pedas. Taburan kacang di atasnya juga menambahkan tekstur sehingga rasanya dijamin buat semua orang ketagihan.

2. Lele tumis kari merah 

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembutilustrasi lele tumis kari merah (youtube.com/Auntie Dee's Kitchen)

Hidangan ini dinamakan pad phed pa duk. Untuk membuat masakan ini, kamu membutuhkan beberapa bahan seperti ikan lele, terung, temu kunci, japaleno, daun jeruk, bawang putih, minyak sayur, pasta kari merah, air, merica, dan kemangi.

Pad phed pa duk dibumbui dengan bubuk jamur, penyedap rasa, kecap ikan, saus tiram, dan gula. Hidangan lauk ini akan menjadi lebih autentik jika disantap dengan nasi melati khas Thailand.

3. Kari lele dengan daun mengkudu 

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembutilustrasi kari lele dengan saun mengkudu (youtube.com/Original Thai Food)

Thailand memiliki hidangan kari yang terkenal di dunia karena kelezatannya. Kari merah merupakan salah satu jenis kari yang paling populer. Penambahan daun mengkudu ke dalam hidangan ini menyeimbangkan nutrisi dan tentunya meningkatkan kelezatannya.

Hidangan ini juga merupakan masakan autentik Thailand. Hidangan ini menggunakan potongan ikan lele, pasta kari merah, santan, daun mengkudu, saus ikan, perisa bubuk, gula, dan cabe merah sebagai bahan-bahannya.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Lauk Berbahan Ikan Lele, Bikin Nambah Nafsu Makan

4. Lele pedas ala Thailand 

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembutilustrasi lele pedas (youtube.com/FoodTravelTVEnglish)

Hidangan ini disebut phad phed pla dook thod grob dalam bahasa Thailand. Bagi yang merupakan pecinta pedas, kamu pasti akan suka dengan olahan ikan lele yang satu ini.

Ikan lele yang digoreng dengan berbagai bumbu sangat nikmat saat disantap dengan nasi putih yang hangat. Kamu memerlukan potongan lele, daun kemangi, gula, kecap ikan, saus tiram, minyak, pasta kari merah, temu kunci, cabai merah, daun jeruk, dan lada untuk membuat hidangan ini.

5. Lele saus kemangi serai ala Thailand 

5 Olahan Ikan Lele ala Thailand, Tekstur Krispi hingga Lembutilustrasi lele saus kemangi serai (youtube.com/Robins Family Homestead)

Hidangan ini termasuk olahan ikan lele yang mudah dibuat. Lele kemangi serai ala Thailand ini menyajikan ikan lele tanpa tulang yang digoreng tepung, kemudian dibaluti saus instan Thailand rasa kemangi dan serai.

Tentu saja, kamu bisa menggunakan saus instan sesuai selera untuk membaluti daging ikan lelenya. Sangat nikmat disajikan dengan nasi, salad, hingga roti untuk menyempurnakan makan malammu.

Semoga olahan ikan lele ala Thailand di atas bisa menjadi inspirasi makan malam hari ini, ya! Yuk, beli bahan-bahannya sekarang dan eksekusi di dapurmu!

Baca Juga: 9 Olahan Ikan Air Tawar dari Berbagai Negara di Dunia, Ada Pecel Lele

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya