Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! 

Tertarik untuk mencicip? 

Kunyit juga merupakan rempah yang biasa digunakan di Thailand. Selain sebagai ramuan obat herbal, kunyit juga sering ditambahkan sebagai bumbu masakan hingga minuman.

Tentu saja, manfaat yang ada pada kunyit menjadi alasan mengapa rempah begitu sering digunakan. Bagi kamu yang penasaran apa saja makanan olahan kunyit ala Thailand, simak beberapa poin berikut ini. Ada minumannya juga, lho!

1. Teh kunyit Thailand 

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! ilustrasi teh kunyit (pixabay.com/Jess Soraya)

Thailand memiliki kreasi teh dengan kunyit sebagai tambahan warna dan rasanya. Hidangan ini sering disebut sebagai teh kunyit atau golden tea. Penambahan kunyit memberi warna keemasan pada minuman ini.

Rasanya gurih yang eksotis dan dapat dikreasikan dengan susu. Minuman ini juga memiliki beragam manfaat dan mungkin bisa kamu temukan di toko khusus menjual minuman-minuman khas Thailand.

2. Sate ayam kunyit 

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! ilustrasi sate bumbu kunyit (youtube.com/Lion Brand Rice)

Hidangan ini dinamakan gai yang khamin, yang menyajikan sate ayam yang dibumbui kunyit. Bumbu marinasi yang digunakan antara lain bawang putih, merica putih, dan garam yang dihaluskan, disusul dengan bubuk kunyit, gula, dan saus tiram.

Setelah dirasa bumbu sudah meresap, tusuk potongan ayam dengan tusuk sate yang sudah disediakan. Bakar hingga matang merata dan sajikan dengan nasi panas. Lezat banget!

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Kunyit Ini Populer untuk Masakan Khas Indonesia

3. Nasi kunyit 

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! ilustrasi nasi kunyit (youtube.com/Su's Cookbook)

Kamu juga bisa mengkreasikan kunyit menjadi hidangan nasi kuning ala Thailand. Nasi ini juga sangat lezat saat disajikan dengan lauk berbumbu kunyit ala Thailand lainnya. Beras yang digunakan umumnya beras basmati berbulir panjang.

Mentega yang digunakan juga menggunakan minyak samin atau ghee, yang merupakan mentega yang terbuat dari lemak hewani sehingga rasanya lebih lembut dan khas. Bahan tambahan yang biasa digunakan antara lain bawang bombai dan serai.

4. Ikan goreng bumbu kunyit 

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! ilustrasi ikan bumbu kunyit (youtube.com/Mark Wiens)

Pla tod kamin atau ikan goreng Thailand adalah hidangan ikan yang dimarinasi dengan banyak kunyit dan bawang putih. Hidangan ini banyak tersedia di restoran yang menyajikan masakan Thailand.

Jenis ikan makarel akan lebih baik digunakan karena tulangnya yang mudah disisihkan. Setelah disisihkan, taburkan sedikit garam, disusul dengan campuran bawang putih dan kunyit. Oleskan pada permukaan ikan dan goreng selama 5-8 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan.

5. Sup ayam bumbu kunyit 

5 Kreasi Olahan dari Kunyit ala Thailand, Rasanya Luar Biasa! ilustrasi sup ayam kunyit (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Sup ini menyajikan kuah yang harum rempah-rempah tradisional. Hidangan ini termasuk hidangan rumahan yang mudah dibuat. Hidangan ini dikenal dengan nama gai tom kamin yang berarti ayam rebus dengan kunyit.

Marinasi ayam dengan gula dan kecap ikan terlebih dahulu. Setelah itu, dalam panci berisi air, masukkan ayam, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, daun jeruk, dan kunyit. Bumbui dengan saus tamarin, garam, dan cabai rawit di bagian akhir.

Kreasi kunyit ala Thailand di atas bisa menjadi ide masak bagi kamu yang ingin mencobanya. Menurut pandanganmu, menu mana yang terlihat paling enak?

Baca Juga: 5 Masakan Thailand dengan Kubis, Tertarik Coba? 

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya