5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambat

Buat kamu yang suka terburu-buru ketika memasak

Memasak butuh waktu yang cukup untuk menghasilkan makanan terbaik. Namun, semuanya berubah ketika kita terburu-buru untuk menyelesaikan masakan yang sedang dibuat.

Hasilnya, masakan jadi hambar, berminyak, tidak enak dipandang, dan lebih buruknya lagi, kehilangan segala nutrisinya. Nah, ternyata gak semua yang kita anggap cepat itu baik, lho. Seperti beberapa kesalahan cara memasak di bawah ini yang ternyata justru bisa menggagalkan segalanya.

1. Menggunakan banyak peralatan dapur sesuai dengan kegunaan masing-masing

5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambatunsplash.com/@waparm

Ketika kamu masuk ke dapur dan memutuskan untuk mulai memasak, kamu pasti akan berusaha menggunakan berbagai peralatan dapur sesuai dengan fungsinya. Misalnya menggunakan alat pengupas untuk kentang dibandingkan pisau. 

Padahal kamu jadi lebih hemat waktu kalau menggunakan pisau. Mencuci pun jadi gak terlalu banyak barang.

2. Memotong bahan dengan cepat tanpa memperhatikan ukuran dan bentuk

5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambatunsplash.com/@mvdheuvel

Beberapa masakan membutuhkan waktu yang cukup panjang, sehingga ketika terburu-buru, kamu bisa mengacaukan semuanya. Misalnya tidak memperhatikan ukuran dan bentuk ketika tergesa-gesa. Hal ini justru memperlambat proses pematangan bahan ketika dimasak.

Pemotongan bahan dengan ukuran dan bentuk yang sama akan membuat bahan matang dalam waktu bersamaan. Namun, kalau hal sebaliknya terjadi, maka ada beberapa bagian yang tidak matang, khususnya yang berukuran lebih besar. 

3. Memasukkan keseluruhan bahan ke dalam panci atau tempat penggorengan secara bersamaan

5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambatunsplash.com/@clemono2

Saat terburu-buru, biasanya kita akan langsung memasukkan semua bahan. Seperti dilansir dalam Real Simple Magazine, ternyata hal ini menciptakan rasa hambar dan warna yang tidak enak dipandang. 

Rasa hambar jadi yang paling tidak diinginkan ketika memasak. Sehingga, ketika selesai memasak dan rasanya hambar, otomatis kita akan mencari bumbu lain untuk ditambahkan. Hal ini akan memperlambat proses memasak, karena harus mengulang keseluruhannya. 

Baca Juga: 8 Trik Cerdas untuk Memperbaiki Kesalahan Saat Memasak, Tetap Enak!

4. Meletakkan makanan di oven sebelum panas

5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambatunsplash.com/@taylor_grote

Sebelum menggunakan oven untuk memasak, ada baiknya menunggu suhunya sesuai dulu, baru meletakkan makanan ke dalamnya. Ketika kamu ingin segalanya lebih cepat, biasanya kita memasukkan makanan sembari menunggu suhunya sesuai.

Namun, ternyata hal inilah yang justru memperburuk tekstur dan menimbulkan bakteri berbahayaNantinya, justru kamu harus mengulang proses pembuatan makanan, sehingga tidak memberikan efisiensi waktu.

5. Menambahkan terlalu banyak bahan ketika melakukan deep frying

5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambatunsplash.com/@louishansel

Misalnya ketika menggoreng french fries yang mana harus sesuai temperatur tertentu untuk menghasilkan kerenyahan. Ketika kamu meletakkan terlalu banyak french fries ke dalamnya, yang terjadi adalah justru temperaturnya turun.

Hal ini akan menyebabkan minyak terserap lebih banyak. Sehingga, menghasilkan french fries yang tidak renyah dan berminyak.

Nah, kamu sendiri pernah melakukan salah satunya gak nih? Semoga setelah membaca keterangan di atas, gak salah lagi nih masaknya. 

Baca Juga: 10 Tips Dasar Memasak, Pemula Wajib Tahu biar Gak Cedera

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.

Just For You