Comscore Tracker

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketika

#RamadanMasaKini Biar gak bosan tahu atau tempe goreng terus

Selama Ramadan, popularitas gorengan meningkat pesat, karena sering dijadikan sebagai menu takjil. Selain simpel dan praktis, harga gorengan murah meriah. Rasanya pun enak, bisa mengganjal perut yang sudah berpuasa sekitar 14 jam sebelum makan berat.

Kalau biasanya kamu memilih gorengan berupa tahu isi, bakwan, bala-bala, dan sebagainya, kali ini kamu bisa membuat kreasi yang unik. Di antaranya seperti beberapa aneka gorengan di bawah ini:

1. Alpukat goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikaseriouseats.com

Cara membuatnya cukup mudah. Masukkan potongan alpukat ke dalam campuran adonan tepung dan panir, lalu goreng. Kreasi gorengan ini cocok buat orang yang tidak suka buah, khususnya anak-anak. 

2. Semangka goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikasouthernliving.com

Semangka juga bisa diolah jadi gorengan dengan rasa yang renyah di luar, segar di dalam. Cocok banget buat takjil buka puasa setelah seharian menahan haus.

3. Stroberi goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikajack969.com

Balut tepung terlebih dahulu sebelum digoreng. Stroberi goreng memberikan rasa unik dengan perpaduan dari manis, asam, dan gurih yang bisa dinikmati dalam waktu bersamaan. 

4. Nanas goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikagoldencircle.com.au

Kamu bisa menggunakan nanas sebagai salah satu kreasi gorengan yang asam, manis, dan gurih. Potong nanas berukuran kecil berbentuk bundar terlebih dahulu. Setelah itu, balut dengan tepung sebelum digoreng di dalam wajan panas. 

5. Buncis goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikabukalapak.com

Buncis goreng bisa dibuat dengan mudah dengan memasukkannya ke dalam adonan tepung, lalu digoreng. Rasanya yang gurih dengan bentuk memanjang bisa jadi camilan setelah salat Tarawih nanti.

6. Brokoli goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikafoodandwine.com

Pembuatan brokoli goreng tidak jauh berbeda dengan buncis. Potong brokoli menjadi kecil-kecil sebelum dimasukkan dalam tepung, lalu digoreng. Setelah itu, kamu bisa menikmatinya dengan cocolan saus mayones, saus sambal, atau tomat. 

Baca Juga: 10 Negara Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadan

7. Kubis atau kol goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikatinyskillet.com

Kubis atau kol goreng memiliki perpaduan rasa yang manis, renyah, dan gurih. Kamu juga bisa menggoreng sayuran satu ini dengan cara dicelupkan ke dalam tepung terlebih dahulu. Kalau gak terlalu suka tepung, kamu bisa langsung menggoreng kubis atau kol di atas wajan. 

8. Es krim goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikataste.com.au

Rasa yang ditawarkan es goreng memiliki perpaduan rasa antara gurih dan dingin. Bungkus es krim dengan roti tawar yang dibentuk bundar.

Setelah itu, masukkan bungkusan es krim ke dalam kulkas hingga mengeras. Kemudian, goreng es krim yang telah dibungkus tadi hingga berwarna kecokelatan. 

9. Oreo goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikapopsugar.com

Kamu bisa memasak Oreo goreng dengan cara memasukannya ke dalam tepung roti dan panir. Panaskan wajan sebelum masukkan Oreo ke dengan lapisan tepung. Goreng Oreo hingga berwarna kecokelatan, kemudian tambahkan topping di atasnya.

10. Susu goreng

10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketikaeatsmarter.com

Kamu pasti pernah mendengar susu goreng yang lembut di dalam dan renyah di luar? Untuk isinya, kamu bisa mencampur susu, tepung maizena, dan ekstrak vanila.

Sedangkan untuk kulitnya, kamu bisa menggunakan tepung terigu, maizena, baking powder, gula, dan air dingin. Taruh campuran susu ke dalam kulkas, setelah dingin, baru masukkan dalam adonan kulit sebelum digoreng.

Itulah sepuluh kreasi gorengan antimainstream yang bisa jadi referensi menu berbukamu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You