Comscore Tracker

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islami

Pahami dulu maknanya, gak perlu takut makan klepon

Sejak kemarin, klepon menjadi trending topic di Twitter akibat cuitan tanpa nama dari akun Memefess yang menyebutkan "Kue klepon tidak islami. Yuk, tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami." 

Akhirnya, cuitan tersebut menjadi perbincangan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Hingga siang ini, tagar klepon masih menjadi trending topic di Twitter.

Sebenarnya tak ada alasan mendasar mengapa klepon disebut tidak islami, dan dibandingkan dengan kurma, buah asal Arab Saudi. Selama ini, klepon menjadi jajanan tradisional khas Indonesia yang disukai banyak orang karena kelezatannya. Selain itu, klepon ternyata punya makna kehidupan, lho. 

Daripada ribut Islami atau tidak, mending simak makna dan sejarah klepon di bawah ini!

1. Kisah sejarah di balik jajanan tradisional klepon

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islamiinstagram.com/rdb_kitchen

Mengutip buku milik Yuyun Alamsyah berjudul "Kue Basah & Jajan Pasar", klepon merupakan jajanan yang dibagikan kepada kerabat dan tetangga biar sembuh dari sakit, terutama udunan atau bisul. Gula merah yang terasa saat menggigit klepon seolah melambangkan bisul pantat telah pecah.

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islamiinstagram.com/mkhalabi

Terlepas dari kisah di atas, klepon berasal dari Jawa yang juga ditemukan di Sulawesi, Sumatra, dan Malaysia dengan nama onde-onde. Bahkan, kue ini terkenal juga di Belanda, karena dibawa imigran Indonesia pada tahun 1950-an. 

2. Makna klepon sebagai nilai sosial dan kesederhanaan

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islamiinstagram.com/pirantisrecipe

"Ensiklopedi Makanan Tradisional di Pulau Jawa dan Pulau Madura" menyebutkan klepon dijadikan nilai sosial, karena disuguhkan untuk makanan pembuka atau camilan pada acara hajatan. Seolah menjadi penghubung antarorang yang hadir pada acara tersebut. 

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islamiinstagram.com/fakhrudin_gho

Sementara itu, dikutip dari buku Kementerian Pendidikand dan Kebudayaan berjudul "Belajar dari Makanan Tradisional",  klepon menonjolkan nilai kesederhanaan. Sebab, cara membuatnya yang mudah dengan bahan-bahan gampang ditemukan di mana pun. 

Rasa manis di dalam klepon melambangkan manusia harus memiliki kebaikan hati. Meski tak terlihat dari luar, tetapi bisa dirasakan seperti gula merah di dalam klepon. 

Baluran kelapa pada klepon mengingatkan adanya tahapan manusia mencapai kebahagiaan. Sebelum mendapatkan kelapa, kamu harus membersihkan bagian sabut, batok, hingga kulit arinya. Gak heran kalau diperlukan kesabaran yang luar biasa dalam membuat klepon. 

Baca Juga: Tiba-tiba Trending, Ini 10 Meme Klepon yang Bisa Bikin Kamu Ngakak

3. Jenis-jenis klepon yang bisa kamu temukan di Indonesia

Sejarah dan Makna Mendalam Klepon yang Dianggap Tidak Islamiinstagram.com/dwellbymichelle

Ada beberapa jenis klepon yang bisa kamu temukan di Indonesia berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Di antaranya klepon ubi ungu, klepon singkong, klepon ketan gula merah, hingga klepon labu kuning. 

Meskipun ada berbagai jenis, tetapi cara penyajiannya sama. Berisi gula merah, ditaburi dengan kelapa, kemudian dibungkus daun pisang. Rasanya pun gak jauh beda, kok! Sama-sama enak!

https://www.youtube.com/embed/UFekSeA4SYk

Nah, itulah sejarah dan makna klepon yang harus kamu pahami. Gak perlu takut makan klepon karena dianggap tidak Islami lagi, kan?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Tips Antigagal Membuat Klepon yang Legit, biar Gak Gampang Pecah!

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Jumawan Syahrudin
  • Antonius Putu Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya