Comscore Tracker

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!

Kira-kira kamu mau coba teknik yang mana dulu?

Tekstur daging yang empuk dengan aneka bumbu pilihan menjadi kunci utama kenikmatan steak atau steik. Sayangnya, harganya biasanya mahal. Kalau pun murah, biasanya tak begitu enak.

Sebenarnya kita bisa mencicipi steik tanpa harus ke restoran mewah. Kamu bisa mencoba beberapa teknik di bawah ini. Seperti dikutip dari Mashed, inilah cara memasak steik sempurna, dijamin bikin makin enak!

1. Sous vide

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!culinaryreviewer.com

Teknik sous vide adalah memasak steik dengan meletakkannya bersama bumbu di dalam wadah tertutup, sehingga lebih meresap ke dalam daging. Masak dengan temperatur rendah di dalam air, lalu panggang sampai matang.

2. Reverse sear

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!bonappetit.com

Reverse sear dilakukan dengan cara mengoven steik pada suhu 275 derajat Fahrenheit selama satu jam. Biarkan steik di dalam balutan aluminium foil selama sepuluh menit, sebelum dimasak di atas panggangan super panas. Dijamin dagingnya jadi lebih juicy.

3. Slow cooked steak

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!washingtonpost.com

Slow cooked steak dilakukan dengan membakar bagian luar steik, kemudian dioven selama 24 jam dengan suhu 122 derajat Fahrenheit. Baru kemudian dipanggang di atas wajan sampai matang. Sesuaikan tingkat kematangan dengan seleramu.

4. Langsung dibakar

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!apleasantlittlekitchen.com

Dibakar secara langsung di atas arang, tanpa panggangan. Sebelumnya, kamu harus membumbui steik dengan garam, lalu disimpan di dalam kulkas selama sepuluh menit.

5. Coal roasted steak mummy

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!seriouseats.com

Pengin cara yang lebih unik lagi? Lakukan coal roasted steak mummy. Caranya, balut steik dengan kain katun yang telah diberi garam dan oregano, ikat rapat dan panggang di atas arang sampai matang.

6. Afterburner

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!jesspryles.com

Afterburner merupakan cara yang sangat mudah. Cukup dengan meletakkan arang di dalam panggangan, kemudian taruh besi panggangan untuk membakar steik sampai berwarna kehitaman.

Baca Juga: 5 Ragam Saus Steak yang Unik tapi Enak, Bisa Dicoba Nih!

7. Panggang biasa di atas panggangan

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!thecozycook.com

Kesulitan menerapkan teknik-teknik sebelumnya? Kamu bisa panggang biasa di atas panggangan, tapi pastikan jangan sampai berubah warna jadi kehitaman. Bumbui sesuai selera, seperti garam, merica, atau pun minyak favoritmu.

8. Pan fry

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!splendidtable.org

Pan fry lebih mudah lagi untuk dilakukan, karena gak perlu alat panggangan. Letakkan steik yang telah dibumbui dengan garam dan merica di atas wajan panas, kemudian panggang sampai matang.

9. Butter steak

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!challengedairy.com

Butter steak dapat dilakukan dengan mudah, yakni panaskan wajan tanpa minyak. Panggang steik di atas wajan sampai berwarna kecokelatan, kemudian tambahkan mentega bersama bawang.

10. Steak tartare

10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!foodrepublic.com

Terakhir, kamu juga bisa menerapkan teknik steak tartare yang bahkan gak perlu dimasak. Cukup bumbui dengan garam, bubuk merica, kuning telur, atau pun lemon. Ini kalau kamu suka hidangan mentah ya.

Nah, itulah beberapa teknik memasak steik yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kira-kira teknik mana yang paling sesuai dengan kamu, nih?

Baca Juga: 10 Side Dishes Pelengkap Steak Selain Kentang, Sehat dan Lezat!

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya