Comscore Tracker

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!

#MasakItuGampang Ternyata gampang lho!

Ternyata untuk memasak, kita gak boleh asal-asalan ketika melakukan segala proses, sekecil apa pun itu. Bagi seorang pemula yang baru ingin mencoba dunia memasak maka pentingnya mengetahui beberapa fakta. Salah satunya adalah bentuk potongan dari memasak yang harus diperhatikan agar tidak merusak cita rasa.

Bentuk potongan dalam memasak seringkali disebutkan dalam resep masakan di buku maupun internet. Sehingga, bila tidak memahami dasar dari memasak maka akan sulit memahami proses memasak paling utama. Maka dari itu, pahami beberapa bentuk potongan berikut ini.

1. Cincang halus

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!berrykitchen.com

Proses untuk cincang halus ternyata tidak sekedar memotong melainkan harus memotong bahan masakan dalam bentuk kecil terlebih dahulu. Ketika terbentuk menjadi beberapa bagian kecil barulah memulai potongan cincang. Cara paling utamanya adalah dengan menjalankan pisau secara bolak-balik acak kepada irisan kecil tersebut.

2. Dimemarkan

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!marthastewart.com

Caranya adalah dengan menaruh bahan masakan yang akan dimemarkan di atas talenan. Tidak disarankan selain di talenan karena membutuhkan permukaan sejajar. Lalu pukul bahan tersebut dengan bagian samping pisau besar atau ulekan.

3. Potong korek api

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!asianinspirations.com.au

Untuk cara memotong yang satu ini adalah dengan memotong tipis bahan tertentu. Lalu, baru potong memanjang seukuran korek api yang tipis dan tidak terlalu tebal. Biasanya digunakan untuk memotong sayuran seperti wortel dan mentimun.

4. Iris halus

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!cutco.com

Istilah mengenai iris halus sebenarnya cukup mudah disebutkan namun untuk mendapatkan ukuran sesuai, cukup sulit. Cara utamanya adalah iris tipis-tipis bahan yang diperlukan untuk memasak.

Pada potongan ini, harus berhati-hati agar tidak mengenai tangan dan terluka. Biasanya digunakan untuk mengiris bawang bawangan seperti bombay, merah, dan putih.

5. Potong dadu

Sepele Tapi Penting, 5 Jenis Potongan Memasak yang Harus Diketahui Pemula!thekitchn.com

Cara utama untuk mendapatkan potongan dadu adalah dengan memotong bahan masakan secara memanjang atau melebar terlebih dahulu. Lalu, potong kecil-kecil sesuai dengan bentuk dadu atau kotak. Biasanya potongan ini digunakan untuk mendapatkan potongan dadu dari wortel sebagai bahan masakan sup.

Sudah siap terjun ke dapur dan mengolah bahan masakan?

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya