Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!

Sekali makan kamu bisa menghabiskan dua porsi lho

Daerah pesisir laut memang dikenal menyimpan banyak aneka kuliner makanan yang lezat, terutama olahan ikan yang melimpah. Dan wilayah Indramayu sendiri merupakan daerah pesisir yang memiliki kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan jika kamu mampir ke sana. 

Kuliner khas terutama ikan hanya dapat kamu jumpai di wilayah Indramayu saja khususnya wilayah yang dekat dengan pesisir, yakni Pantura.

Nah, berikut ini 5 makanan yang wajib kamu coba dan dijamin bikin nagih saat sekali kamu merasakannya.

1. Pindang gombyang mangut

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!Instagram.com/aboutindramayu

Jika biasanya ikan mangut hanya dimasak dengan bagian dagingnya saja, kali ini berbeda dengan pindang gombyang mangut. Pindang gombyang mangut merupakan masakan khas Indramayu yang berbahan dasar kepala ikan mangut. 

Kepala ikan mangut ini dimasak dengan cara disayur menggunakan bumbu kuning ala pindang dengan rasa gurih dan asam serta rempah-rempah yang khas. Namun, sebelum dimasak ikan ini direbus terlebih dahulu agar lendir dan bau amis yang masih tersisa pada ikan dapat menghilang. 

Satu porsi pindang gombyang mangut dihargai 50-70ribu rupiah dengan ukuran kepala sebesar 1-2kg lho. Soal rasa ikan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab banyak wisatawan yang datang hanya untuk berburu pindang gombyang mangut. 

2. Ikan etong bakar

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!Instagram.com/andrehamara

Wisatawan yang sedang berkunjung ke pantai Indramayu pasti sudah tak heran dengan kuliner ikan etong bakar. Ikan etong ini sudah banyak dijadikan menu favorit oleh berbagai kalangan yang menyukai daging ikan. 

Ikan etong memiliki tekstur kulit yang kasar dan daging yang padat serta Duri yang sangat jarang sekali. Pengelolaannya sebelum dibakar ikan ini direndam terlebih dahulu menggunakan air panas sebanyak 3 kali. Setelah itu kulit dibuang dan daging dibelah menjadi dua bagian untuk dibakar. 

Bumbu yang dipakai untuk dibakar sangat khas sekali, yakni berbahan dasar kecap dan rempah-rempah. Penyajian ikan ini pun ditambah dengan sambal tomat yang pedas dan menggugah selera. Satu porsi ikan etong ukuran besar dibanderol dengan harga 50-60ribu saja. 

Baca Juga: Resep Membuat Bumbu Ikan Bakar Cianjur yang Bikin Nagih

3. Pedesan entok

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!Instagram.com/voela.crb

Bukan hanya daging ikan saja, ada daging entok yang sangat lezat dan wajib kamu cobain. Daging entok ini dimasak dengan menggunakan kuah yang memiliki rasa asam, pedas dan gurih serta tekstur daging yang tidak alot. 

Perlu diketahui makanan dengan nama pedesan entok ini hanya dapat kamu jumpai pada wilayah Indramayu dan Cirebon saja. Rasa dan kualitasnya jauh lebih enak dibanding dengan pedesan entok yang ada di luar wilayah keduanya. 

Satu porsi pedesan entoknya saja dapat dibandrol dengan harga 35ribu rupiah dan dijamin daging yang disediakan juga melimpah deh!

4. Pecak cucut

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!Instagram.com/antonio_thefoodfather

Bagi yang belum tahu apa itu ikan cucut, ikan cucut adalah daging ikan laut yang diasap dan memiliki rasa manis dan gurih serta memiliki bau pesing. Bau pesing ini merupakan fermentasi daging yang diasap agar dapat bertahan dalam waktu yang lama. 

Daging ikan cucut dibagi menjadi dua, yakni daging ikan pari dan daging ikan hiu. Pengelolaan ikan ini biasanya digoreng kering hingga bau pesingnya berkurang dan hilang. Setelahnya, daging ikan cucut dapat diberikan bumbu sambal terasi dan bumbu sambal kabar disertai dengan rasa asam jeruk nipis. 

Soal rasanya ikan ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi, sebab orang dari wilayah lain memborong ikan asap cucut ini untuk dijadikan menu makan. Satu porsi pecak cucut dibandrol dengan harga yang relatif murah, yakni 10-20rb rupiah saja lho. 

5. Rumbah

5 Kuliner Khas Pesisir Indramayu yang Tak Ada Duanya, Bikin Nagih!Instagram.com/peachpiku

Jika kebanyakan kuliner pesisir adalah ikan dan daging, kali ini ada salah satu kuliner khas pesisir Indramayu yang tak kalah enaknya, yakni rumbah. Kuliner rumbah ini berisikan sayuran yang dikukus yakni kangkung, touge dan kacang panjang dan disiram menggunakan sambal asem yang menggugah selera banget. Lebih lengkap lagi setiap penyajiannya ditambah menggunakan kerupuk mie kuning dan berbagai macam gorengan. 

Satu porsi rumbah dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni 5-10ribu saja lho dan kamu pun bisa makan hingga kenyang. 

Itulah lima kuliner khas daerah pesisir Indramayu. Kuliner di atas hanya dapat kami temui pada wilayah Indramayu saja dan rasanya dijamin enak deh. Gimana sudah tak sabar untuk mencoba? 

Baca Juga: 5 Resep Ikan Asin ala Restoran yang Bikin Kamu Ketagihan, Wajib Coba!

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You