Comscore Tracker

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim Panas

Menormalkan kembali fungsi tubuh

Saat musim panas tubuh kita memerlukan asupan cairan yang lebih banyak agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan kondisi saat tubuh kehilangan banyak cairan akibat aktivitas yang melelahkan dan cuaca yang ekstrem sehingga menyebabkan tubuh tidak berfungsi normal. 

Asupan cairan tidak hanya didapatkan dari air mineral saja. Ada berbagai jenis makanan, terutama buah-buahan yang dapat menjaga kestabilan tubuh dan terhindar dari dehidrasi. Berikut ini daftar buah-buahan yang wajib dikonsumsi saat musim panas. 

1. Semangka

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim PanasUnsplash.com/Catia Climovich

Semangka merupakan salah satu buah dimana kandungan airnya mencapai 92 persen. Selain itu vitamin yang terkandung di dalamnya, yakni vitamin A dan C mampu menyegarkan suhu badan. Buah ini sangat cocok sekali dikonsumsi saat musim panas tiba. Konsumsilah secara teratur setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi yang terjadi pada tubuh.

2. Melon

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim PanasUnsplash.com/AI FENG Hsiung

Buah melon merupakan buah yang sangat mudah dijumpai pada pedagang. Kandungan yang hampir 90 persen air yang sangat baik bagi tubuh dan menyegarkan. Konsumsi buah melon setiap harinya mampu membuat tubuh sehat dan kian terhindar dari dehidrasi yang melemahkan fungsi tubuh. 

Baca Juga: 4 Buah Cocok Dikonsumsi Perokok yang Mau Berhenti, Sehatkan Paru-paru

3. Anggur

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim PanasUnsplash.com/Samuel Zeller

Buah Anggur memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, K dan mineral yang cocok sekali dikonsumsi saat musim panas tiba dengan cuaca yang sangat ekstrim. Kandungan vitamin K-nya dinilai mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit seperti UVA dan UVB. 

4. Strawberry

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim PanasUnsplash.com/Skyla Design

Strawberry merupakan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C dan antioksidan gang baik bagi tubuh. Vitamin C mampu menyegarkan tubuh saat musim panas tiba, sedangkan antioksidan mampu melindungi kulit wajah dan tubuh dari serangan mata hari serta menjadikanya tetap lembap sepanjang hari. 

5. Kiwi

5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi untuk Hindari Dehidrasi di Musim PanasUnsplash.com/Lesly Juarez

Kiwi memiliki kandungan akan vitamin E yang sangat baik bagi kulit. Konsumsi kiwi ketika musim panas dapat menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan terhindar dari dehidrasi. Kiwi dapat dikonsumsi dengan campuran buah-buahan lainnya sesuai selera, sehingga ketika kita memakanya akan lebih nikmat dan menggoda. 

Nah, itudia lima buah yang dapat dikonsumsi ketika musim panas. Ketika suhu tubuh mulai berubah dan merasakan dehidrasi segera konsumsi kelima biah di atas, ya! 

Baca Juga: 5 Penyebab Dehidrasi, Bisa Jadi Karena Kamu Sedang Stres Lho!

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You