Comscore Tracker

Gak Lagi Hambar, 10 Makanan Lezat Ini Murni Terbuat dari Sayur Lho!

Karena vegetarian juga bisa makan enak

Siapa bilang jadi vegan atau vegetarian pasti gak bisa makan enak? Kamu bisa tetap makan fast food tapi dengan bahan-bahan pengganti daging, kok. 

Seorang pria asal Inggris, Gaz Oakley, membagikan resep versi vegan dari makanan-makanan yang biasanya menggunakan daging, seperti burger, pizza, bahkan steak. Dia mengunggahnya di channel YouTube-nya bernama avantgardevegan.

Bahkan, sebuah penerbit di Inggris tertarik untuk membantu Gaz menerbitkan buku resepnya sendiri!

1. Sriracha meatball

https://www.youtube.com/embed/rDaz3lGP_9A

Secara harviah, meatball berarti bola daging. Tapi makanan yang satu ini jelas tidak memakai daging, karena ditujukan untuk vegetarian. Bola-bola ini dibuat dari tofu atau tahu yang dicampur tepung.

Bahan yang digunakan terbilang murah dan bikinnya pun gampang. Kalau kamu pengin bikin sendiri di rumah, bisa langsung buka channel YouTube-nya. Di situ juga dicantumkan website untuk detail bahan-bahan dan langkah membuatnya.

2. Vegan streaky bacon

https://www.youtube.com/embed/vEF0-sjeWmw

Judulnya saja sudah bacon, harusnya memang terbuat dari daging. Namun, Gaz berhasil menciptakan resep brilian, yakni membuat bacon dari 100 persen sayuran.

Untuk menciptakan tektur yang mirip, ia memanfaatkan aneka jamur dan kacang-kacangan. Ia pun punya racikan unik supaya bacon tersebut beraroma smokey.

3. Ramen

https://www.youtube.com/embed/XqoEyPw_vQ0

Selain pada kaldu, keistimewaan ramen bikinan Gaz terletak pada telurnya. Percaya gak, ternyata telur setengah matang yang nampak menggiurkan itu terbuat dari santan kelapa, lho! Untuk mendapatkan rasa kuah yang kaya umami, ia memanfaatkan kaldu dari jamur dan berbagai sayuran lain.

4. Vegan carbonara

https://www.youtube.com/embed/-MgtW4_D_SA

Di sini Gaz memberi tips bagaimana cara membuat adonan pasta sendiri yang lebih sehat. Selain itu, ia juga berbagi tips agar rasa creamy dari saus carbonara, yang biasanya menggunakan susu dan keju parmesan, tetap bisa didapat. Yakni menggunakan krim Soy Oak yang bisa didapat di supermarket vegan.

5. Jerk burger

https://www.youtube.com/embed/VPQE0xkIlXY

Burger biasanya memakai patty yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Kalau melihat video ini sekilas, kamu juga pasti mengira ini terbuat dari daging, kan?

Padahal semua bahan yang dipakai murni sayuran, termasuk kaldu dan penyedap rasanya dari jamur. Jadi, kamu gak perlu takut gemuk, meski makan burger banyak sekali pun.

Baca Juga: 13 Bahaya Makan Fast Food, Ini Sebabnya Makanan Ini Disebut Junk Food 

6. Chorizo vegan hot dogs

https://www.youtube.com/embed/yh-5NAtulks

Buat kamu yang gak doyan sayur, yakin gak mau cobain makanan ini? Biar pun terbuat dari sayur, penampilan hot dogs buatan Gaz Oakley bikin perut keroncongan, ya?

Untuk mengganti daging, Gaz memakai aneka jamur, termasuk untuk kaldunya. Jamur memang terkenal sebagai bahan subtitute daging karena punya rasa yang gurih dan lezat.

7. Katsu curry

https://www.youtube.com/embed/u7xmz8sahWA

Katsu punya banyak jenis, meski identik dengan daging ayam alias chicken katsu. Untuk para vegan, daging ayam bisa diganti dengan berbagai macam sayur. Misalnya terung, jamur, wortel, dan sebagainya.

Selama racikan tepung yang kamu pakai rasanya pas, mau menggunakan bahan apapun pasti juga ikut enak. Apalagi kalau ada tambahan bumbu kari Jepang, beuhhh makin mantap deh!

8. Fish & Chips

https://www.youtube.com/embed/bdcCaqCDg74

Biar ada rasa lautnya, fish & chips khusus vegetarian ini menggunakan lembaran nori yang biasa ada di sushi. Untuk pengganti ikan, Gaz menggunakan tofu. Sajian ini makin istimewa karena ada homemade tomato sauce yang pasti sehat, karena gak pakai bahan pengawet.

9. Vegan Steak, Chips & Peppercorn Sauce

https://www.youtube.com/embed/Ad4kA8e51g4

Siapa bilang vegetarian gak bisa makan steak? Nih, buktinya ada steak yang terbuat dari sayur. Penampilan, rasa, dan teksturnya mirip patty steak dari daging. Kalau kamu malas bikin sendiri, sudah banyak rumah makan vegan yang menjual menu serupa kok.

10. Salted caramel chocolate bars

https://www.youtube.com/embed/3xiH4kiWP9o

Cokelat termasuk jenis tumbuh-tumbuhan, tapi mayoritas campuran cokelat mengandung protein hewan yang berasal dari susu sapi. Jadi chocolate bar yang dijual di swalayan jelas gak bisa dikonsumsi para vegetarian.

Seakan paham dengan persoalan tersebut, Gaz Oakley membagikan resep chocolate bar yang gluten free dengan rasa yang gak kalah enak. Yuk, coba bikin!

Setelah lihat kumpulan resep ini, yakin gak pengin mengubah pola makan jadi lebih sehat?

Baca Juga: 10 Makanan Berbahan Dasar Jagung yang Jadi Favorit Orang Indonesia

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You