Comscore Tracker

5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bisa Bikin Adem Panasnya Surabaya

Rasanya enak tapi harganya gak pernah mahal  

Dessert asli Indonesia ini sudah ada sejak zaman dulu dan tercipta berkat inovasi warga yang tidak mampu membeli es krim dari susu sapi. Mereka menggunakan bahan baku santan kelapa sebagai penggantinya. Kemudian, santan dibekukan dalam tabung yang diputar-putar dalam campuran es batu dan garam.

Siapa sangka setelah puluhan tahun, es puter jadi jajanan favorit masyarakat Indonesia dari semua kalangan, termasuk warga Surabaya. Bahkan sampai sekarang peminatnya gak pernah berkurang, malah muncul es putar kekinian dengan varian rasa yang lebih beragam. Di antaranya seperti kedai es puter legendaris di Surabaya berikut ini.

1. Es Puter Ryan

5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bisa Bikin Adem Panasnya SurabayaInstagram.com/esputeryan

Es Puter Ryan jadi salah satu favorit anak-anak di Universitas Kristen Petra (UKP) karena lokasinya berada di sekitar sana. Meski harganya terjangkau di kantong mahasiswa, rasanya tetap gak bikin kecewa.

Beberapa rasa pilihan yang laris antara lain alpukat, cokelat, kopyor, dan durian. Satu gelas berisi 4 scoop es harganya cuma Rp10 ribu saja dengan rasa yang bebas di-mix and match.

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.00-21.00, kecuali Jumat dan Minggu baru bisa kamu temui pukul 12.00-21.00.

Alamat: Jalan Siwalankerto VIII Nomor 4, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya.

2. Es Puter Pak Iwan

Es puter gak cuma enak dimakan siang bolong. Nah, kamu yang ngidam es malam hari, bisa datang ke Es Puter I-One alias Pak Iwan yang buka selama pukul 21.00-02.00 dini hari. Dia berjualan cuma dengan gerobak, tapi jangan underestimate, karena antreannya selalu ramai.

Rasanya gak perlu dipertanyakan lagi, karena memakai buah dan gula asli. Pilihannya pun beragam, ada alpukat, cokelat, kopyor, durian, hingga buah naga. Seporsinya dibanderol Rp6.000-Rp10 ribu, tergantung varian. 

Alamat: Jalan Raya Darmo Permai 1, Surabaya.

3. Es Puter Pak Min

5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bisa Bikin Adem Panasnya SurabayaInstagram.com/laparlagimakanlagi

Es Puter Pak Min ini bisa dibilang salah satu legenda hidup di ranah per-es-an Surabaya, karena buka sejak 1992 silam. Harganya cukup murah, per scoop cuma sekitar Rp3.000. Kamu bisa memilih rasa kopyor, nangka, cokelat, durian, sirsak, ketan hitam, kacang hijau, dan sebagainya. 

Pembeli di kedai es puter satu ini gak ada jedanya alias ramai banget. Jadi mesti sabar antre ya. Kalau bisa, datang awal pas kedainya baru buka deh, pukul 16.30 setiap harinya.

Alamat: Jalan Manyar Kertoarjo V Nomor 35, Surabaya (Seberang IBC atau Dekat Bakso Bonnet).

Baca Juga: 5 Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer, Gampang Dibuat dan Murah

4. Es Puter "Box Telu" Mbak Tri

5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bisa Bikin Adem Panasnya SurabayaInstagram.com/depruttt

Es Puter Box Telu Mbak Tri gak cuma bikin hilang dahaga, tapi juga bikin hati bahagia. Kamu bisa pilih es puter aneka rasa dengan harga Rp7.500-Rp10 ribu, seperti durian, alpukat, cokelat, strawberry, nangka, kelapa muda, ketan hitam, dan lain-lain.

Ternyata kedai es puter ini sudah ada sejak tahun 1994 lalu, lho! Hanya saja sekarang tampil dengan bentuk yang lebih modern dan kekinian.

Alamat: Jalan Darmo Harapan 1 (dekat Tepi Kolam), Surabaya.

5. Rujak Es Krim Pak Pay

5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bisa Bikin Adem Panasnya SurabayaInstagram.com/rujakicecreampakpay

Meskipun bukan terbilang pemain lama, tapi yang satu ini gak bisa dipandang sebelah mata. Rujak es krim nampaknya belum ramai di Surabaya dan baru ada satu saja, tapi makanan unik ini cukup populer di Yogyakarta.

Seperti namanya, ini adalah kolaborasi antara segarnya rujak buah pedas dengan es puter yang manis dan menyenangkan. Selain datang langsung ke kedainya, kamu bisa pesan by WhatsApp kalau takut kehabisan.

Alamat: Perumahan Pondok Benowo Indah (depan Indomaret), Surabaya.

Selain lima tempat di atas, di mana nih es puter langganan kamu?

Baca Juga: 10 Es Krim Oreo yang Paling Kekinian dari Berbagai Negara, Suka Mana?

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You