Comscore Tracker

5 Tempat Kuliner Paling Top yang Pernah Diulas Bondan Winarno

Top markotop dan maknyus!

Hari ini, Indonesia kembali berduka karena kehilangan salah satu pakar kuliner hebat. Bondan Haryo Winarno atau Pak Bondan terkenal dengan jargon "Pokok'e maknyus!" dan "Top markotop".

Dua jargon ini sering ia katakan saat menjadi presenter acara "Wisata Kuliner" di Trans Tv pada 2006. Acara tersebut sangat booming kala itu. Sosok Pak Bondan pun begitu dicintai karena pembawaannya yang natural dan gak neko-neko.

Tempat makan atau menu yang diulas Pak Bondan bakal langsung dicari orang. Sebab, penilaian Pak Bondan cenderung obyektif, mengatakan rasa masakan yang sebenarnya dengan cara yang sangat halus. Tak heran, kita percaya penilaian Pak Bondan dan ingin membuktikannya langsung. 

Yuk kita throwback lagi tempat-tempat yang pernah dikunjungi Pak Bondan dalam program "Wisata Kuliner".

1. Makanan Khas Wonosobo "Mie Ongklok"

Berawal dari Jakarta, Pak bondan mulai menjelajahi kota-kota lain di Indonesia untuk berwisata kuliner, salah satunya Wonososbo. Ketika singgah di sebuah kota, yang pertama dituju pasti makanan khasnya. Maka dari itu, mie ongklok jadi makanan pilihan Pak Bondan untuk diulas.

2. "Brongkos" di Yogyakarta

Berbeda dengan program kuliner zaman sekarang yang banyak me-review kafe atau restoran, Pak Bondan justru datang ke warung makan atau ke penjual kaki lima yang menyimpan potensi rasa lebih kaya. Ulasannya bukan juga cuma pernyataan enak atau tidak, tapi Pak bondan bisa merincikan jenis rempah dan tekstur masakan. 

3. Jajanan Unik di Bogor

Gak melulu makanan berat, Pak Bondan juga mengajak kita mencicipi jajanan ringan unik yang banyak dijual di pinggir jalan. Meskipun letakknya di pinggiran, beberapa makanan ini sukses bikin perut keroncongan dan langsung pengin beli.

Baca juga: 4 Kuliner Unik Ini Berbentuk Tembus Pandang, Gimana Rasanya ya?

4. Kuliner Nusantara yang Menggunakan Lontong

Gak sendirian, Pak Bondan juga sering mengajak para selebriti untuk merasakan pengalaman kuliner bersama-sama. Salah satunya adalah artis cantik Magdalena. Dari ulasan Pak Bondan, banyak yang kaget kalau rasa makanan di warung atau depot lebih nikmat dibandingan restoran.

5. Kuliner Perayaan Imlek

Dalam salah satu episode, Pak Bondan pernah kulineran bersama sang putri, Gwen Winarno. Mereka pergi ke tempat penjual lontong cap gomeh dan beberapa tempat makan lainnya yang identik dengan Imlek. 

Sama seperti ayahnya, Gwen juga berkecimpung di dunia kuliner, tapi bukan sebagai food curator. Ia membuka bisnis makanan sehat dan bahan-bahan organik. 

Itu tadi beberapa cuplikan perjalanan Bondan Winarno selama memandu acara "Wisata Kuliner", meski kini beliau telah tiada, tapi sosoknya akan selalu dikenang dan terus dirindukan masyarakat Indonesia. Selamat jalan, Pak Bondan.

Baca juga: Bondan Winarno Wafat, Dunia Kuliner Berduka

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya