Comscore Tracker

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus Tomat

Padahal makanannya enak-enak lho

Makan adalah kebutuhan dasar manusia untuk tetap bertahan hidup. Namun, beberapa orang punya masalah mengkonsumsi makanan tertentu. Bukan karena alergi, tapi justru karena fobia.

Fobia berbeda dengan ketidaksukaan. Biasanya, hal ini ditandai dengan gejala seperti kecemasan, mual, hingga ciri fisik seperti berkeringat dan muntah. Bahkan makanan yang lazim kita konsumsi sehari-hari pun bisa menimbulkan ketakutan bagi pengidap fobia, seperti 7 makanan di bawah inin.

1. Acerbophobia, fobia makanan asam

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus Tomatfood.ndtv.com

Waktu cuaca lagi panas-panasnya, segelas es jeruk, sirup, atau minuman yang rasanya asam biasanya banyak dicari untuk menghilangkan dahaga. Tapi, hal ini gak mungkin dilakukan orang dengan acerbophobia alias pengidap fobia makanan asam.

Orang dengan gejala ini bukan sekadar tidak suka rasa asam, tapi cenderung takut. Seorang wanita 18 tahun bernama Mariah pernah muncul di salah satu stasiun TV Amerika. Ia bercerita tentang fobia acar yang diidapnya dan bagaimana hal ini mempengaruhi pekerjaannya sebagai pramusaji.

2. Ovophobia, fobia telur

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus TomatUnsplash.com/Caroline Attwood

Telur jadi salah satu jenis makanan yang paling basic dan umum dikonsumsi. Tapi ada orang yang memiliki ketakutan terhadap terlur atau yang sering disebut ovophobia.

Sutradara legendaris asal London, Alfred Hitchcock, adalah salah satu pengidapnya. "Aku takut pada telur, benda bulat berwarna putih tanpa lubang itu," ujarnya. "Pernahkah kalian melihat sesuatu yang lebih menjijikkan daripada cairan kuning yang keluar dari retakan cangkang telur?"

3. Turophobia, fobia keju

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus Tomatchr-hansen.com

Bagi pecinta keju, makanan seperti pizza atau mac n' cheese pasti terlihat menggiurkan. Tapi lain cerita kalau makanan tersebut dihadapkan di hadapan pengidap turophobia alias fobia keju.

Penyebab terbentuknya fobia ini bisa berbeda satu orang dengan yang lain, begitu pula gejala dan tingkat keparahannya. Ada juga mereka yang merasa mual hingga muntah hanya dengan melihat foto keju.

4. Carnophobia, fobia daging

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus TomatUnsplash.com/Jez Timms

Carnophobia berasal dari kata "carnalis" yang dalam bahasa Latin berarti "daging". Penyebabnya tidak selalu muak terhadap rasa daging, sebagian benci mengkonsumsi daging karena hal tersebut dianggap mencederai kesejahteraan hewan. 

Mereka dengan fobia ini bisa lengsung merasa mual hanya dengan mencium aroma daging panggang. Tempat-tempat seperti restoran, pasar malam, dan pusat keramaian lainnya bisa jadi hal yang mengancam. Jika tak diatasi, ini bisa menjelma jadi masalah sosial.

Baca juga: 6 Camilan Ini Jadi Jodoh Paling Pas saat Ngopi, Suka yang Mana?

5. Lachanophobia, fobia sayuran

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus TomatUnsplash.com/Peter Wendt

Mungkin sebagian besar orang tidak terlalu suka makan sayur. Tapi, kalau rasa tidak suka ini sampai jadi fobia, berarti keadaannya sudah tak wajar. 

Salah satu pengidap lachanophobia, Vicki Larrieux mengatakan, ia merasa takut hanya dengan melihat bentuknya saja. "Tiap aku melihat sayuran di piringku, tiba-tiba aku merasa panik, berkeringat, dan jantungku mulai berdebar," katanya.

6. Cibophobia, fobia makanan

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus TomatUnsplash.com/Ali Inay

Cibophobia adalah ketakutan terhadap makanan secara umum. Serupa dengan anoreksia, tetapi orientasinya bukan pada takut kenaikan berat berat badan, melainkan kekhawatiran terhadap makanan itu sendiri.

Biasanya ketakutan ini dimanifestasikan pada makanan yang cepat rusak, misalkan buah atau susu. Penderita biasanya cemas berlebihan terhadap tanggal kadaluarsa pada semua makanan, hidangan yang terlalu matang, bahkan jika ada kerak gosong sekali pun.

7. Mortuusequusphobia, fobia saus tomat

7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus TomatFlickr/Bookeditor

Mortuusequusphobia adalah rasa takut terhadap saus tomat, mulai dari bau hingga rasanya. Wanita asal London bernama Dixie Innes merupakan salah satu pengidapnya. Mengetahui keadaan tersebut, ia memutuskan untuk membuat sausnya sendiri menggunakan buah delima.

Di luar dugaan, orang-orang di sekitarnya justru tertarik dengan inovasinya tersebut. Kini ia berprofesi sebagai chef dan co-founder dari Aphrodite, yakni bisnis kerajinan makanan yang berbasis di London.

Apakah kamu pernah menemukan orang dengan gejala serupa? Jangan lupa tinggalkan balasan di kolom komentar!

Baca juga: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Coba Tiga Rasa Terbaru Chitato Ini

 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You