Comscore Tracker

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!

Gorengan memang selalu jadi juara kapan pun

Di Indonesia, kamu bisa dengan sangat mudah menemukan tukang gorengan. Jajanan ringan  satu ini memang gak kenal waktu. Mau dimakan saat pagi, siang, atau malam, tetap nikmat rasanya.

Tapi, ternyata beberapa negara di bawah ini juga punya hidangan tradisional serupa, bahkan sangat mirip dengan buatan Indonesia. Apa saja ya?

1. Coca-Cola goreng, Texas

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!foodrepublic.com

Selama ini, Coca-Cola dikenal sebagai minuman bersoda yang paling populer di dunia. Tapi, seseorang bernama Abel Gonzales Jnr membuat gebrakan baru di Texas pada 2006. Dia menciptakan gorengan berbahan cola.

Caranya, adonan roti dengan rasa Coca-Cola dibekukan, kemudian digoreng di minyak panas. Sajikan dengan gula halus dan sirup rasa cola pula. Duh, bikin ngiler! 

2. Alcapurria, Puerto Rico

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!quericavida.com

Pernah tahu makanan tradisional Jawa Timur bernama jemblem? Camilan dari singkong yang berisi gula merah itu digoreng. Ternyata, jajanan serupa ada di Puerto Rico, lho! Namanya alcapurria.

Bedanya dengan jemblem, alcapurria punya isian yang rasanya asin seperti campuran daging cincang, jagung atau seafood. Namun, adonannya tetap menggunakan singkong.

3. Pakora, India

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!onegreenplanet.org

Pakora adalah camilan asal India yang terbuat dari sayuran dan tepung kacang chickpea. Jadi, bahan yang digunakan relatif lebih sehat karena bebas gluten.

Pakora ada banyak jenisnya. Selain sayur, ada juga onion pakora yang terbuat dari bawang bombay. Biasanya, makanan ini disajikan dengan celupan alpukat.

Baca juga: 5 Foodstagram Paling Ngehits di Surabaya, Wajib Difollow Nih!

4. Kakiage, Jepang

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!Taste.com.au

Kalau di Indonesia, kakiage mungkin bisa disandingkan dengan bakwan, bala-bala, atau ote-ote. Gorengan asal Jepang ini terbuat dari sayuran yang dicampur dengan adonan tepung tempura, lalu digoreng.

Teksturnya renyah dengan rasa gurih yang bikin kamu ketagihan. Kalau pergi ke restoran ramen atau udon, biasanya kakiage dijual sebagai makanan pendamping.

5. Twigim, Korea Selatan

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!janegalvez.com

Twigim adalah istilah untuk makanan yang digoreng bersama tepung bumbu. Camilan ini juga banyak dijual di pinggir jalan, layaknya gorengan di Indonesia. Jenisnya juga beragam, ada twigim sayuran (yachae twigim), cumi-cumi (ojingeo twigim), singkong (goguma twigim), udang (saewoo twigim), telur (gyeran twigim), dan lain sebagainya.

6. Beguni, Bengali

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!Pinterest.com/indugetscooking.com

Hampir mirip dengan twigim asal Korea Selatan. Namun, beguni hanya menggunakan satu jenis sayuran yakni terong. Makanan asal Bengali ini bisa dibilang gorengan ala rumah karena cara membuatnya sederhana.

Terong dipotong tipis-tipis (bisa memanjang atau bulat), lalu dicelupkan dalam tepung bumbu dan digoreng hingga kecoklatan. Beguni jadi camilan yang biasa dimakan pada malam hari ketika Ramadan.

7. Gorengan acar, Amerika Serikat

7 Gorengan Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia Lho!foodnetwork.com

Acar biasanya dimakan langung bersamaan dengan makanan utama, tapi di Amerika Serikat, acar justru dijadikan gorengan. Makanan ini pertama kali dipopulerkan dalam acara masak di TV Amerika pada 1960an. Setelahnya, banyak yang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga: 15 Gorengan Asli Indonesia Ini Kelezatannya Gak Pernah Berubah Lho!

Topic:

  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:15:06

Progress: 755.500 dari 813.350 TPS (92.88744%)

Just For You