Comscore Tracker

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat Demam

Semoga cepat sembuh!

Jangan buru-buru minum obat ketika kamu sedang sakit, demam misalnya. Kalau gejala awal yang dirasakan belum parah, coba atasi dengan cara alami melalui konsumsi tujuh makanan dan minuman di bawah ini.

1. Yogurt

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat Demamthethingswellmake.com

Yogurt yang tinggi probiotik dapat membantu menurunkan demam. Probiotik atau bakteri baik bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjaga keseimbangan bakteri di usus. Selain yogurt, contoh makanan lain yang baik dikonsumsi adalah kimchi, tempe, dan acar kubis.

2. Sup ayam

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat Demamtaste.com.au

Sebagian orang percaya kalau kaldu ayam mengandung zat antiinflamasi yang dapat meringankan demam. Di samping itu, sup ayam biasanya terdiri dari daging dan sayuran baik untuk tubuh. Hanya dengan semangkuk sup ayam hangat, kita sudah bisa mendapatkan gizi cukup seimbang seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, serta lemak.

3. Makanan berprotein

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat DemamUnsplash.com/Alex Munsell

Saat demam, tubuh membutuhkan asupan protein sebagai tambahan energi untuk melawan infeksi. Sumber protein seperti ayam, daging, ikan, telur, tahu, dan sebagainya yang baik dikonsumsi saat imun tubuh sedang lemah. Pola makan dan gizi yang tepat akan membantumu cepat pulih.

4. Air kelapa

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat DemamUnsplash.com/Kyle Loftus

Demam dapat meningkatkan kehilangan cairan yang tidak kita sadari, tapi prosesnya terus berlanjut. Misalnya evaporasi dari kulit, lewat paru-paru saat bernafas, metabolisme, atau melalui keringat akibat tingginya suhu tubuh.

Oleh sebab itu, sangat penting memastikan asupan cairan tetap terpenuhi. Selain minum banyak air putih, air kelapa juga efektif mencegah dehidrasi saat demam. Air kelapa mengandung banyak elektrolit, potasium, dan vitamin C.

5. Jeruk

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat DemamUnsplash.com/Jonathan Pielmayer

Tubuh tak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Untuk itu, asupannya perlu didapat dari luar. Salah satu sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, gula yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu kita lebih bertenaga. Namun perhatikan kalau kamu punya masalah pencernaan atau lambung yang sensitif, sebaiknya batasi jumlah jeruk yang dikonsumsi. 

6. Pisang

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat DemamUnsplash.com/Mike Dorner

Pisang mengandung kalium, salah satu jenis ion yang banyak hilang lewat keringat saat demam. Sehingga konsumsinya sangat baik ketika suhu tubuh sedang tinggi. Selain itu, buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka, nanas, kiwi, atau blewah juga dianjurkan saat kamu merasa tak enak badan.

7. Teh lemon dan madu

7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Kembalikan Suhu Tubuhmu Saat Demamkeeprecipes.com

Teh herbal merupakan jenis yang terbaik untuk diminum saat demam. Tambahkan madu dan perasan jeruk lemon untuk efek antiinflamasi sekaligus meredakan peradangan. Baiknya, hindari konsumsi teh hitam saat sakit, karena kafein yang terkandung dalam teh hitam dapat membuat kondisi makin menurun.

Nah, sebelum memutuskan minum obat, coba konsumsi makanan-makanan sehat di atas ya. Rasanya enak juga kan daripada obat.

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You