Comscore Tracker

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!

Kamu paling suka peringatan yang mana?

Biasanya sebuah hari peringatan dibuat berdasarkan peristiwa penting dan berpengaruh. Bisa juga untuk mengenang sosok yang dihormati dan berjasa seperti pahlawan.

Tapi ternyata bukan cuma itu, rupanya makanan juga punya hari perayaan khusus lho, seperti tujuh makanan di bawah ini.

1. Cokelat

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!oneyinc.com

Meski cokelat identik dengan hari Valentine, tapi makanan manis satu ini ternyata punya hari peringatan sendiri, lho. Setiap tanggal 7 Juli, masyarakat dunia memperingati Hari Cokelat Internasional atau International Chocolate Day.

Namun beberapa negara punya tanggal perayaan yang berbeda, seperti Amerika Serikat yang menjadikan 13 September sebagai Hari Cokelat karena bertepatan dengan hari kelahiran Milton S. Hershey, pendiri merek cokelat Hershey.

2. Donat

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!recipegirl.com

Hari Jumat pertama di bulan Juni biasanya diperingati sebagai Global Donut Day atau Hari Donat Sedunia. Meski diperuntukkan secara internasional, tapi yang paling banyak merayakan adalah Amerika Serikat.

Hari Donat Sedunia dicetuskan untuk menghormati anggota relawan Salvation Army yang membantu para prajurit Perang Dunia I dengan menyediakan donat.

3. Kopi

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!grancolombiatours.com

Tanggal 1 Oktober yang biasanya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, ternyata bertepatan dengan Hari Kopi Internasional. Kopi jadi jenis minuman yang paling banyak peminatnya, karena karakteristiknya yang unik dan beragam.

Pada hari itu, 77 negara yang tergabung dalam International Coffee Organisation (ICO) akan membuat banyak acara yang berkaitan dengan kopi, seperti coffee workshop, coffee festival, coffee tour, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksa

4. Teh

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!healthline.com

Gak cuma kopi, teman baiknya pun punya hari perayaan. Hari Teh Internasional dirayakan setiap tahun pada 15 Desember sejak 2005, terutama di negara-negara penghasil teh, seperti Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Vietnam, Indonesia, Kenya, Malawi, Malaysia, Uganda, India, dan Tanzania.

Alasan di balik ditetapkannya Hari Teh Internasional adalah untuk menarik perhatian masyarakat dunia dan pemerintah terhadap peran perdagangan teh.

5. Sushi

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!groupon.nl

Walaupun doyan banget sama makanan Jepang satu ini, tapi mayoritas dari kamu pasti belum tahu soal Hari Sushi Internasional yang jatuh pada 18 Juni. Saat International Sushi Day, biasanya banyak chef meluncurkan varian sushi terbaru yang unik dan spesial untuk merayakannya.

6. Pasta

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!kaufland.de

Sejak tahun 1995, masyarakat memperingati tanggal 25 Oktober sebagai Hari Pasta Sedunia. Meski belum familiar di tengah masyarakat Indonesia, tapi sejumlah restoran atau kafe mulai mengenalkan hari pasta dengan mengadakan promo khusus di momen tersebut.

7. Wortel

7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!makesauerkraut.com

Untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat wortel dan menyebarkan kebiasaan makan sehat, setiap 4 April ditetapkan sebagai Hari Wortel Sedunia sejak 2003 lalu. Setiap tahun, jumlah negara yang merayakan International Carrot Day terus meningkat, seperti Prancis, Italia, Swedia, Rusia, Australia, Amerika Serikat, hingga Jepang.

Karena sekarang kamu sudah tahu, jangan lupa ikut berpartisipasi dalam setiap perayaannya, ya. Salah satunya dengan share pengetahuanmu ini kepada orang lain.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Mengandung Protein Tinggi, Gak Melulu Daging!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya