Comscore Tracker

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balm

Jangan kebanyakan kimia, gengs!

Lip balm bukan satu-satunya solusi untuk bibir kering dan pecah-pecah, lho. Kamu juga bisa mengatasinya dengan cara alami, yang pasti lebih aman kalau digunakan dalam jangka panjang. Seperti memanfaatkan 7 jenis makanan di bawah ini, yang dipercaya bisa melembabkan kembali bibirmu secara alami.

1. Lemon

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balmalannewnham.com

Lemon mengandung vitamin C dengan jumlah tinggi yang gak hanya baik untuk daya tahan tubuh, tapi juga berguna untuk kecantikan. Buah ini dapat berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan melembabkan bibir.

Untuk perawatan luar, oleskan campuran lemon dan madu ke permukaan bibir, diamkan selama 5-10 mennit sebelum dibilas. Lakukan tiap hari untuk hasil maksimal hingga kulit bibir tak lagi kering.

2. Tomat

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balmphotographyinspired.com

Sama seperti lemon, tomat juga punya kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk kelembaban kulit. Untuk treatment bibir kering, tinggal belah tomat menjadi dua, lalu kompreskan pada bibir selama 10 menit. Selain itu, tomat bisa juga dijadikan masker bibir dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan madu. 

3. Madu

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balmibtimes.co.u

Madu bisa menjadi pelembab bibir alami yang sangat ampuh. Selain itu, madu juga mengandung sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi pada luka akibat bibir pecah-pecah. Cukup dengan mengoleskan madu di permukaan bibir secara berkala, diamkan sejenak beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

4. Lidah buaya

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip BalmBodybuilding.com

Lidah buaya kerap digunakan sebagai campuran produk skincare atau perawatan kulit, terutama yang berbentuk gel dan lotion. Hal ini karena kandungan vitamin kompleks dan mineral yang ada di dalamnya bisa melembabkan kulit.

Selain itu, lidah buaya punya sifat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit. Untuk perawatan, cukup potong lidah buaya lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dan bilas hingga bersih. 

Baca juga: 8 Makanan Murah Ini Bikin Kulitmu Makin Kinclong, Enak Pula!

5. Minyak zaitun

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balmstylecraze.com

Sama seperti minyak almond, minyak zaitun punya peran yang baik untuk kulit, termasuk melembapkan bibir. Selain mengoleskannya, kamu bisa meminum campuran minyak zaitun dengan segelas air untuk menjaga nutrisi kulit.

6. Minyak almond

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip Balminlifehealthcare.com

Minyak almond bisa berfungsi sebagai pelembab yang tidak menimbulkan alergi pada kulit alias bersifat hypoallergenic. Itulah kenapa produk perawatan kulit bayi biasanya memanfaatkan kandungan almond.

Minyak almond juga mengandung antioksidan yang juga berfungsi menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi minyak almond sebagai campuran bahan masakan bisa membantu merawat kondisi kulit termasuk bibir. Bisa juga dengan mengoleskannya langsung ke bibir secara rutin.

7. Mentimun

7 Makanan Ini Bisa Melembabkan Bibirmu, Lebih Sehat dari Lip BalmLivestrong.com

Merawat bibir dengan mentimun setiap hari bisa jadi alternatif yang sederhana. Kamu cuma perlu memotong tipis mentimun, lalu menempelkannya di bibir selama lima menit. Selain mudah, murah, dan pastinya tak menyebabkan efek samping buruk kalau dilakukan tiap hari.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengembalikan bibir kering dan pecah-pecah secara alami. Perlu diingat, perawatan dari dalam tetap perlu dilakukan. Jangan lupa perbanyak minum air putih juga ya.

Baca juga: 7 Khasiat Jahe untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Makin Cantik!

Topic:

Just For You