Comscore Tracker

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!

Kapan lagi makan tumpeng bakso ~

Nama gudeg pasti disebut pertama kali kalau lagi ngomongin kuliner khas Yogyakarta. Meski begitu, kota yang sering disebut sebagai surganya kuliner di Indonesia ini punya segudang varian makanan unik, termasuk bakso. Di Yogya, bakso bukan cuma bola daging yang disajikan dengan kuah gurih dan berbagai pendampingnya. 

Contohnya 7 jenis bakso unik yang jadi hits berikut ini, wajib banget kamu cicipi ketika mampir ke Kota Pelajar itu!

1. Bakso mangkuk

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/mieyagobabe

Jangan underestimate  dulu ketika mampir warung Mieyago Babe di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Yogyakarta. Walaupun tempatnya terletak di pinggir jalan alias kaki lima dengan bangunan semi permanen, tapi baksonya yang unik justru bikin banyak orang rela antre panjang. Salah satu menu andalannya adalah bakso mangkuk berbagai varian. Kalau selama ini bakso cuma jadi topping  mie ayam, kali ini dijadikan mangkuk.

2. Bakso pedas

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/streetfoodstories

Dari penampilan kuahnya yang merah menyala, sudah kelihatan kalau kita butuh es teh lebih dari segelas ketika ke sini. Sensasi pedas Bakso Demit ini memang terkenal menantang. 

Tapi tenang, kuahnya hadir dalam berbagai level sampai yang tertinggi level 15, jadi masih bisa dinikmati semua kalangan. Ada tiga cabangnya yang bisa kamu temui, yakni di Jalan Ahmad Yani, Jalan Imogiri Barat, dan di Food Court  Mbah Warsito Gejayan, Yogyakarta.

3. Bakso gepeng

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/makankeliling

Gak selamanya bakso itu bulat, di Yogyakarta ada bakso gepeng alias pipih. Mungkin biar langsung lahap tanpa memotong-motongnya lagi, ya? Keunikannya gak cuma ada pada bentuk, tapi karena penyajiannya bukan didampingi bihun, tapi kwetiau. Jangan khawatir bokek kalau datang ramean, seporsi bakso gepeng harganya cuma Rp15 ribu saja. Yang sudah mulai ngiler, bisa langsung ke Depok Sport Centre, Jalan Seturan Raya, Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner Sekitar UGM Buat Kamu Mahasiswa Baru

4. Steak bakso

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!smartbisnis.co.id

Ternyata bakso juga bisa tampil fancy  dengan siraman brown sauce atau saus lada hitam di atas hot plate. Selayaknya steak sapi atau ayam, steak bakso di Steak Nation juga dilengkapi dengan kentang goreng dan sayuran. Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Soragan No.45-100, Soragan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

5. Bakso degan

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/kulineran_yk

Pasangan bakso dengan es kelapa muda (degan) memang paling serasi kalau dinikmati berdampingan. Tapi di Bakso Ikan Degan yang berlokasi di Jalan Sugeng Jeroni 62 Bugisan, Yogyakarta, keduanya malah digabung jadi satu. 

Ada dua macam penyajian di sini. Pertama, bakso ikan disajikan dalam batok kelapa dengan kuah dan daging kelapa. Kedua, bakso ikan disajikan dalam kelapa utuh, sehingga bisa langsung mengambil daging kelapanya dengan sendok. Harganya? Cukup terjangkau kok, hanya Rp13-16 ribu saja.

6. Bakso tumpeng

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/gembulfoodie

Seperti namanya, bakso ini bentuknya kerucut menyerupai tumpeng dan hadir dalam berbagai ukuran. Ada ukuran S-XL yang harganya bisa sampai Rp400 ribu! Bakso Tumpeng Lesehan Mbanyumilli ini ada di Jalan Imogiri Timur No.10, Imogiri, Wukirsari, Bantul. Selain varian bakso original, bakso tumpeng ini bisa juga disajikan sebagai topping  menu lainnya, seperti mie goreng.

7. Bakso merapi

7 Tempat Bakso Paling Unik di Yogyakarta, Enak dan Hits Banget!Instagram.com/streetfoodstories

Adonan baksonya unik banget karena dibentuk mirip Gunung Merapi, lengkap dengan lahar panasnya yang terbuat dari saus sambal. Kalau dibelah, cincangan daging yang porsinya "dermawan" ini sudah menanti untuk dilahap. Harganya agak mahal karena penampilan dan rasanya yang stunning, tapi sebanding lah dengan kualitasnya. Yakni Rp70 ribu per porsi. Yang penasaran, bisa coba langsung di Laba-Laba Bakso & Kitchen di Jalan Raya Tajem, Yogyakarta.

Di kotamu, tujuh varian unik bakso di atas sudah ada belum, nih?

Baca Juga: 10 Kafe di Yogyakarta yang Nyaman buat Kerja, Sambil Nongkrong Asyik

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You