Comscore Tracker

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!

Sama-sama bulat bolong tengahnya nih!

Donat dan bagel sekilas serupa tapi tak sama. Ternyata keduanya sama sekali berbeda meski berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Jadi, apa bedanya donat dan bagel? ini lima perbedaan yang harus kamu tahu!

1. Bentuk dan ukuran

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!Instagram.com/bagelshopbandra
  • Donat

Kita semua tentu sudah tahu kalau donat dan bagel sama-sama berbentuk bulat dengan lubang kecil di tengahnya. Namun donat berukuran lebih kecil dari bagel.

  • Bagel

Bagel berukuran lebih besar dari donat dan terlihat lebih mengembang karena kandungan ragi yang lebih banyak. Warna bagel juga biasanya lebih kecokelatan dengan permukaan halus maupun bertekstur.

2. Cara membuat

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!Instagram.com/bagelshopbandra
  • Donat

Dari segi bahan, donat dan bagel hampir sama. Perbedaan mencolok ada pada cara masaknya. Setelah adoanan dibuat dan didiamkan beberapa saat hingga mengembang, donat kemudian digoreng hingga kecokelatan.

  • Bagel

Adonan bagel biasanya disimpan dalam lemari es terlebih dahulu selama satu malam. Kemudian adonan dikukus atau direbus sebelum dipanggang ringan hingga berwarna kecokelatan. Biasanya bagel diberi taburan biji wijen hitam atau biji selasih sebelum dipanggang.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Kue Donat Punya Lubang di Tengah

3. Tekstur

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!Unsplash.com/Thomas Kelley
  • Donat

Biasanya ada dua jenis adonan donat yang paling sering dibuat.  Pertama, menyerupai adonan roti yang dikembangkan menggunakan ragi sehingga teksturya empuk dan ringan. Kedua, adonan berbentuk kental mirip kue dengan tekstur yang padat dan lebih cakey.

  • Bagel

Karena bagel dikukus terlebih dahulu sebelum dipanggang, teksturnya terasa renyah dan agak keras di bagian luar namun lembut dan kenyal di bagian dalam. 

4. Rasa

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!Instagram.com/Christian Kaindl
  • Donat

Kebanyakan adonan donat punya rasa gurih cenderung manis. Topping yang digunakan pun cenderung manis seperti icing sugar, gula halus, saus cokelat, selai, dan lain sebagainya.

  • Bagel

Secara umum bagel terdiri dari dua jenis, yakni  bagel Montreal dan New York. Bagel Montreal dicampur malt dan telur, lalu direbus bersama air dan madu sehingga rasanya lebih manis serta lebih kenyal.

Sedangkan bagel New York dicampur malt, diberi garam, namun direbus dalam air biasa. Biasanya teksturnya lebih garing dan empuk.

5. Variasi dalam makanan

Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!Unsplash.com/Viktor Forgacs
  • Donat

 Saat ini donat beragam bentuk dan variasinya, mulai dari donat tanpa lubang yang diberi aneka isian, hingga donat dengan berbagai macam bentuk. 

  • Bagel

 Bagel masih bertahan dengan bentuk bulat dengan lubang di tengah, tapi variasi biasanya ada di jenis topping dan isian. Gak hanya disantap dengan topping manis seperti cokelat dan buah-buahan, bagel diolah juga bersama bahan makanan gurih. Di antaranya keju, daging asap, alpukat, sosis, telur dan lainnya.

Salah satu olahan terkenalnya adala sandwich bagel. Roti ini dibagi menjadi dua bagian lalu diberi aneka isian sesuai selera.

Itulah tadi lima perbedaan antara donat dan bagel. Sekarang sudah gak bingung lagi, kan?

Baca Juga: Kenalan dengan 5 Menu Bagel Yuk, Kembaran Donat yang Bikin Ketagihan

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Ernia Karina

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 12:30:04

Progress: 766.561 dari 813.350 TPS (94.24737%)

Just For You