Comscore Tracker

10 Kreasi Unik Gorengan Berbahan Tahu, Cocok buat Takjil Puasa

#RamadanMasaKini Biar gak bosan sama tahu goreng biasa

Sama seperti ketergantungannya pada sambal, orang Indonesia seperti gak bisa dipisahkan sama gorengan. Jenis gorengan di Indonesia banyak banget, tapi salah satu yang paling populer adalah gorengan tahu.

Bahan satu ini bisa dikreasikan menjadi banyak macam makanan, seperti 10 gorengan di bawah misalnya.

1. Tahu jeletot

10 Kreasi Unik Gorengan Berbahan Tahu, Cocok buat Takjil PuasaInstagram.com/new_dnz_foodie

Tahu jeletot merupakan versi lain dari tahu isi yang sudah kita kenal lebih dulu. Biasanya tahu ini berisi olahan taoge dan wortel dengan rasa pedas menggigit. Tahu kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng kering.

2. Tahu fantasi

10 Kreasi Unik Gorengan Berbahan Tahu, Cocok buat Takjil PuasaInstagram.com/mami_cindi

Ada yang menyebut hidangan satu ini sebagai tahu sarang burung, karena bentuknya bundar dengan topping telur puyuh di tengahnya. Namun, sekarang kamu bisa menemukan isian tengahnya lebih beragam, seperti sosis, cabai, atau bahkan tanpa isian.

Kudapan ini terbuat dari tahu yang dihancurkan, parutan wortel, daun bawang, kaldu, telur, dan bumbu lainnya yang dicampur jadi satu. Selanjutnya, adonan tahu diletakkan ke dalam cetakan dan dikukus sebelum digoreng.

3. Tahu walik

Dinamai tahu walik atau tahu terbalik karena cara bikinnya yang unik, yakni dengan cara membalik bagian dalam tahu goreng ke luar. Setelah dibalik, tahu kemudian diisi adonan mirip bakwan dan digoreng kembali. Karena digoreng dua kali, tekstur tahu jadi super crunchy.

4. Tahu pletok

Gorengan satu ini kerap ditemukan di daerah asalnya, Tegal. Rasanya gurih, terbuat dari tahu kuning dan adonan dari tepung tapioka. Biasanya tahu pletok disajikan dengan sambal kecap rawit yang pedas.

5. Tahu kriuk

Sekilas mirip tahu Sumedang, bedanya tahu kriuk ini lebih renyah sesuai namanya. Setelah digoreng, ada tambahan adonan kremes yang ikut digoreng hingga kering.

6. Bakwan tahu

10 Kreasi Unik Gorengan Berbahan Tahu, Cocok buat Takjil PuasaInstagram.com/oliviacath1540

Kalau bakwan sayur pasti sudah pada familiar, ya kan? Tapi sebagai variasi, kamu bisa memasukkan campuran tahu putih yang sudah dipotong dadu. Bisa juga melumuri tahu yang sudah dipotong segitiga dengan adonan bakwan, kemudian digoreng.

Baca Juga: 10 Olahan Telur untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun

7. Tofu katsu

10 Kreasi Unik Gorengan Berbahan Tahu, Cocok buat Takjil PuasaInstagram.com/bola.lt

Olahan satu ini bukan hal asing di Jepang dan negara-negara Asia lainnya. Cara membuatnya pun sederhana banget, tinggal potong tipis tahu sutra, celupkan dalam adonan tepung, lumuri dengan tepung panir, kemudian goreng hingga kecokelatan. Makin nikmat disajikan bersama saus kari khas Jepang dan nasi hangat.

8. Cireng tahu

Gorengan kenyal yang terbuat dari tepung tapioka ini memang banyak penggemarnya. Cuma aci digoreng aja enak, apalagi kalau kamu tambahkan cincangan tahu dan rempah lainnya. Pasti makin mantap!

9. Nuget tahu

Gak cuma daging ayam yang bisa diolah jadi nuget. Tahu pun enak banget dimasak serupa. Kamu bisa mencampurnya dengan daging ayam, atau sepenuhnya hanya menggunakan tahu.

10. Martabak tahu

Kulit martabak yang renyah bakal balance banget sama lembutnya tahu di dalamnya. Jangan lupa pakai daun bawang yang banyak atau cincangan daging sapi biar makin lengkap dan menggiurkan.

Dari 10 kreasi tahu di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Kreasi Minuman dari Santan yang Bikin Buka Puasa Makin Puas

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You