Comscore Tracker

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!

Sambil ngantuk pun masih bisa bikin

Karena jauh dari rumah, anak kos atau anak rantau biasanya bingung soal makan sahur. Apalagi kalau gak dekat dengan warung atau rumah makan, masak jadi alternatif yang harus dilakukan.

Nah, buat yang bingung makanan apa saja yang bisa dimasak sendiri di kos dengan cepat, berikut 10 rekomendasi menu sahur ala anak kost yang gampang bikinnya dari IDN Times yang bisa kamu coba.

1. Nasi goreng instan

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!instagram.com/javafoodie

Dengan bumbu instan, kamu bisa masak nasi goreng kurang dari 10 menit, lho. Pilih bumbu instan siap masak yang biasanya berbentuk pasta, bukan bumbu bubuk. Sebab, rasanya lebih sedap meski tanpa tambahan bawang merah dan bawang putih.

Tapi kalau ada waktu lebih, kamu bisa menumis bawang merah dan putih dulu, baru masukkan bumbu dan kornet atau sosis.

2. Capcay

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!omnivorescookbook.com

Capcay jadi sayuran yang sederhana dan gampang bikinnya, cuma 15 menit saja. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga wangi, lalu tuang air secukupnya.

Masukkan sayuran seperti wortel, sawi, dan kubis, kemudian tambahkan kecap asin, garam, dan minyak wijen secukupnya. Menumisnya tak perlu lama supaya sayuran tetap crunchy!

3. Tumis jamur tiram

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!chinasichuanfood.com

Rebus jamur tiram yang sudah diiris kecil-kecil, sisihkan. Selanjutnya tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay sampai layu.

Kalau ingin rasa yang agak pedas, masukkan irisan cabai merah. Setelah itu, masukkan irisan jamur tiram, kecap, saus tiram, gula, garam, dan merica. Tumis sampai aromanya harum.

4. Aneka tempura

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!asiatourism.news

Tempura merupakan makanan khas Jepang berupa bahan makanan yang dilumuri adonan tepung dan digoreng. Udang, ayam, hingga sayuran pun bisa diolah menjadi tempura. Cukup campurkan tepung premix tempura instan dengan air, celupkan sayuran atau udang, lalu goreng.

5. Martabak mi

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!Martabak mi. (Blibli.com)

Mi instan bisa diolah menjadi makanan yang lebih nikmat sekaligus mengenyangkan. Salah satunya martabak mie.

Cukup tambahkan telur kocok ke dalam mie instan goreng, goreng dalam minyak panas. Kamu juga bisa menambahkan sosis goreng sebagai pendamping.

6. Telur dadar padang

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!masakapahariini.com

Untuk membuat telur dadar ala masakan Padang versi sederhana, campurkan kocokan telur dengan wortel parut, irisan daun bawang, bawang putih, bawang merah, dan sedikit campuran tepung terigu serta penyedap rasa. Campur hingga rata, goreng dalam minyak panas.

Baca Juga: Resep Internet Rice Cooker ala Yummy, Menu Sahur yang Praktis 

7. Sayur bening

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!Instagram.com/susan_mellyani

Pastikan asupan gizimu cukup dengan banyak makan sayur. Nah, sayur bayam ini bikinnya cuma lima menit, iris tipis bawang merah dan bawang putih, masukkan ke dalam air mendidih bersama satu ruas jari temu kunci.

Tambahkan gula dan garam hingga rasanya pas, kemudian masukkan sayur bayam. Panaskan selama maksimal satu menit, lalu matikan api. Kamu bisa menambahkan bahan lain selain bayam, seperti jagung, tomat, bahkan wortel.

8. Cah kangkung

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!Instagram.com/chenmery

Cukup tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang merah, daun salam, dan lengkuas. Setelah itu, tambahkan tomat serta cabai merah dan tumis sampai wangi.

Selanjutnya tambahkan tauco, sedikit air, garam, dan gula. Masukkan kangkung beserta daging yang kamu suka. Setelah kangkung dimasukkan, pastikan kamu nyalakan api agak besar. Masak dengan tingkat kematangan sesuai selera.

9. Tahu telur sambal kecap

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!Instagram.com/aselihkitchen

Pertama, kocok lepas telur, tambahkan tahu yang sudah dipotong kotak-kotak. Tambahkan garam dan penyedap rasa, kocok kembali, kemudian goreng telur hingga matang.

Sajikan bersama sambal kecap. Cara bikinnya gampang kok, tinggal potong cabai rawit dan bawang merah, lalu tambahkan kecap.

10. Sushi telur

10 Menu Sahur Terbaik ala Anak Kos, Bikin Puasa Gak Bolong!food-4tots.com

Kamu cuma butuh empat bahan saja untuk membuatnya, yakni nasi, telur dadar, sosis goreng, dan selada. Ratakan nasi di atas permukaan telur dadar, lalu letakkan sosis goreng dan selada di pinggirnya.

Terakhir gulung hingga akhir ujung telur dadar dan potong menjadi beberapa bagian. Kamu  bisa mengganti isian sesuai selera.

Dengan 10 menu sahur di atas, kamu gak bakal bingung lagi mau masak apa, ya kan? Selamat mencoba!

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Ayam Sederhana ala Yummy App untuk Buka dan Sahur

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto
  • Antonius Putu Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya