7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!

Enak mana sama punya Indonesia?

Di Indonesia, istilah fried chicken biasanya mengacu ke ayam goreng American Style dengan balutan tepung gurih renyah. Padahal fried chicken alias ayam goreng adalah menu yang bisa kamu temukan hampir di setiap negara di seluruh dunia.

Uniknya, setiap negara punya ciri khas masing-masing dalam mengolah ayam goreng. Mulai dari rempah hingga saus yang disajikan bersama ayam, seperti tujuh negara di bawah ini.

1. Amerika Serikat, Southern, style fried chicken

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!farmersalmanac.com

Fried chicken di Amerika Serikat umumnya dikenal sebagai daging ayam berbalut tepung yang digoreng menggunakan banyak minyak hingga air fry  tanpa minyak. Makanan ini salah satu yang paling populer dan menjadi ikon di Amerika Serikat.

Bahkan, di sana ada National Fried Chicken Day yang jatuh setiap tanggal 6 Juli, lho. Namun, ada beberapa pendapat soal resep asli ayam goreng ala Amerika.

Sebagian mengklaim ayam dengan balutan tepung tebal seperti yang dijual KFC bukanlah Southern-style fried chicken sesungguhnya. Mereka lebih mengacu pada ayam yang direndam campuran buttermilk dan rempah-rempah, lalu digoreng menggunakan fry pan, bukan deep fry pan

2. Indonesia, ayam geprek

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!Instagram.com/ayamgeprekmaster.cipinang

Ayam goreng di Indonesia punya jenis yang lebih banyak lagi. Baik digoreng dengan bumbu tradisional hingga ayam tepung ala fast food yang bisa kita temukan di seluruh penjuru negeri. 

Inovasinya pun gak berhenti sampai di sini. Kamu pasti gak asing lagi sama yang namanya ayam geprek dengan aneka sambal, kan? Belakangan ayam geprek semakin berkembang dan menjadi salah satu makanan tervaforit di Indonesia.

3. Korea Selatan, yangnyeom chicken

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!foodnetwork.com

Kamu pasti suka ngiler kalau makanan satu ini gak sengaja lewat di salah satu adegan dalam drama Korea. Selain kimchi, ayam goreng jadi salah satu makanan utama paling populer di sana.

Korea Selatan bahkan dicap sebagai negara dengan ayam goreng paling enak di dunia, karena tekstur daging ayam yang empuk dan juicy berbalut tepung renyah.

Selain ayam original, Korea Selatan terkenal dengan yangnyeom chicken yakni ayam renyah yang dibalut saus gochujang berwarna merah. Rasanya kebanyakan manis, gurih, dan sangat pedas. 

4. Jepang, nankotsu karaage

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!iamafoodblog.com

Di Jepang, karaage mengacu pada sesuatu yang dibalut tepung tipis, kemudian digoreng. Sedangkan, nankotsu karaage berupa olahan ayam goreng yang paling umum ditemui di Jepang.

Biasanya daging ayam dimarinasi dalam bumbu kecap asin, bawang putih, cuka beras, dan jahe. Setelah itu, dilumuri tepung beras tipis-tipis, baru digoreng hingga kering.

Baca Juga: 10 Resep Ayam Goreng dan Cara Membuatnya yang Lezat

5. Thailand, gai tod

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!Instagram.com/whattoeatph

Gai tod sekilas mirip dengan ayam goreng bumbu ungkep di Indonesia. Bedanya, daging ayam dimarinasi selama sehari dengan campuran saus tiram, bawang putih, lada putih, dan daun ketumbar. Keesokannya, ayam baru digoreng selama 10-15 menit hingga kulitnya kering.

6. Singapura, har cheong gai

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!whattocooktoday.com

Har cheong gai alias ayam goreng pasta udang merupakan salah satu family food paling populer di Singapura. Mereka mengolah sayap ayam dengan balutan tepung yang sudah dicampur pasta fermentasi udang (har cheong). Mungkin kalau di Indonesia pasta ini mirip terasi udang dengan aroma khas.

7. Brasil, frango a passarinho

7 Negara Ini Punya Olahan Fried Chicken yang Unik, Bikin Ngiler!Instagram.com/rafavicenteq

Frango a passarinho berarti "ayam burung kecil" dalam bahasa Brasil. Mungkin dinamakan demikian karena ayam dipotong berukuran kecil.

Potongan ayam ini dimarinasi dengan bumbu khas Brasil dan air lemon, dibalut campuran tepung terigu serta tepung jagung, kemudian digoreng dengan banyak minyak. Setelah matang, ayam goreng biasanya disiram saus yang terdiri dari olive oil, bawang putih panggang, dan parsley cincang.

Baca Juga: 6 Resep Kreasi Ayam Goreng Tepung Kekinian, Lezatnya Mantap Nian

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You