Comscore Tracker

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap Terjaga

#RamadanMasaKini Trust me, it works!

Cobaan puasa yang sebenarnya bukan pada rasa lapar dan haus yang kita rasakan seharian, tapi justru saat berbuka. Sejauh mana kita bisa tahan biar gak langsung  melahap semua makanan di atas meja.

Kalau punya masalah serupa, coba deh kamu terapkan tujuh tips jitu biar gak kalap ketika buka puasa berikut ini!

1. Bikin takjil dan makanan sendiri

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaUnsplash.com/Le Creuset

Cara paling aman biar makan tetap terkontrol adalah masak sendiri takjil dan makanan berbuka. Kamu bisa menyesuaikan porsi, variasi, dan komposisi gizi supaya lebih seimbang. 

Kalau kamu berburu takjil dalam keadaan perut kosong, bisa dipastikan kamu pengin memborong setiap penjual makanan yang kamu lewati. Ujung-ujungnya merasa sayang kalau makan cuma sedikit dan berusaha menghabiskan semuanya.

2. Bawa uang seadanya saat ingin beli takjil di luar

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaUnsplash.com/Artem Beliaikin

Kalau terpaksa harus beli takjil atau lauk di luar, bawa uang tunai secukupnya saja. Tujuannya supaya nanti kalau lapar mata dan ingin beli segala macam, kamu gak akan bisa kalap.

3. Selalu batalkan puasa dengan air putih dan kurma

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap Terjagasmartnutrition.ca

Bakal agak susah melakukannya kalau sudah lihat segarnya es buah di depan mata. Tapi, kamu harus ingat dan disiplin untuk membatalkan puasa dengan air dan kurma.

Air akan menetralisir lambung, sedangkan kurma akan mengganti energimu yang terbuang secara cepat. Dengan begitu, nafsu makanmu bisa sementara turun dan keinginan balas dendam berkurang. 

4. Atur asupan gizimu saat sahur

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaUnsplash.com/Brooke Lark

Sahur juga punya peran penting supaya kamu tidak merasa lapar berlebihan di tengah hari. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, hingga mineral. Keragaman makanan ini bertahan lebih lama dalam pencernaan, sehingga membantumu menekan rasa lapar.

Baca Juga: 10 Makanan Enak Ini Harus Dihindari Penderita Maag Saat Buka Puasa

5. Penuhi kuota minum air putih biar gak dehidrasi

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Pastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi setiap harinya dengan memerbanyak air putih saat buka dan sahur. Dengan begitu, metabolisme tubuh tetap akan berfungsi baik dan tidak memicu keadaan lapar berlebihan. 

6. Sikat gigi

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaUnsplash.com/Superkitina

Gosok gigi setelah minum segelas air untuk membatalkan puasa bisa jadi cara ampuh menahan keinginan makan banyak. Keinginan makan banyak dan bermacam-macam akan berkurang akibat sensasi mint dari pasta gigi.

7. Kelola mindset

7 Trik Jitu biar Gak Kalap Saat Buka Puasa, Berat Badan Tetap TerjagaUnsplash.com/Icons8 team

Semua tips di atas gak akan bisa berhasil kalau kamu gak mengubah mindset. Harus punya rasa gigih dan kontrol diri untuk gak makan berlebihan. Buang jauh-jauh pikiran gak bakal kenyang sebelum makan nasi atau makan banyak.

Jangan goyah dalam sekali coba, karena tubuh kita baru akan menyesuaikan pola makan dan rasa lapar dalam 4-5 hari. Kalau kamu menyerah di hari ke dua, ya sampai kapan pun usahamu tak membuahkan hasil, karena harus terus mengulang dari awal. Siap-siap say good bye to body goal, deh!

Jadi, jangan lupa terapkan tujuh tips jitu di atas biar gak kalap waktu buka puasa ya! Karena puasa harusnya jadi sehat, bukan berat.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You