Comscore Tracker

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasa

#RamadanMasaKini Yuk, coba makanan khas wong kito galo ini!

Jika kamu menjalani puasa saat bulan Ramadan di Kota Palembang, kamu akan sangat mudah menemukan beragam jenis makanan khas Palembang dengan banyak varian rasa. Kota Palembang terkenal akan berbagai makanan berbahan dasar tepung dan kuah yang pedas. Selain itu, makanan khas Palembang ini juga dapat menjadi makanan pendamping yang mengenyangkan.

Namun apabila kamu tidak terbiasa memakan makanan yang pedas, tidak dianjurkan untuk langsung menyantap makanan berikut ini ya!

Berikut ada enam makanan khas Palembang dengan ciri khasnya, dijamin kamu pasti ingin mencobanya!

1. Pempek

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka PuasaFoodizz.id

Pempek khas Palembang pastinya menjadi urutan pertama sebagai takjil terfavorit. Rasa pedas cuka nya yang nikmat, disertai rasa pempeknya yang gurih dan kenyal dengan olahan daging ikan dan bumbu khas, membuat penikmatnya akan ketagihan mencoba makanan yang satu ini. Apalagi bila makanan ini dicelupkan dengan cuka, dijamin rasanya membuat lidah bergoyang!

Selain itu, ada beberapa jenis pempek yang bisa kamu pilih untuk berbuka puasa, seperti pempek kulit, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek lenjer, pempek tahu, pempek panggang, pempek lenggang dan masih banyak lainnya.

Harga pempek bervariasi, biasanya dijual seharga Rp1.000,- s/d Rp4.000,-

2. Laksan

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasavitamerisia.com

Laksan adalah makanan khas Palembang yang berbentuk oval dan terbuat dari sagu dan ikan. Laksan memang sekilas hampir sama dengan pempek, perbedaannya adalah laksan dipadukan dengan kuah santan kuning yang renyah. Makanan ini biasanya menjadi sarapan pagi warga Palembang dan tak jarang menjadi salah satu makanan pendamping yang dihidangkan untuk tamu saat hari Raya.

Harga laksan bervariasi, biasanya mulai dijual seharga Rp2.000,- per buah.

Baca Juga: Mengenal Kue 8 Jam, Makanan Unik dari Palembang

3. Mie Celor

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasawikimedia.org

Ada lagi makanan namanya Mie Celor. Rasanya yang gurih dan renyah membuat mie celor ini sangat digemari oleh wisatawan yang datang ke Palembang. Mie yang harus digunakan haruslah mie yang berukuran besar dan berbentuk lurus seperti mie udon.

Selain itu, mie celor biasanya disajikan dengan tauge, telur rebus, bawang goreng, dan udang satang. Semua bahan kemudian disiram dengan kuah santan yang kental dan berwarna merah.

Mie celor biasanya dijual seharga Rp8.000,- s/d Rp25.000,-. 

4. Celimpungan

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka PuasaKsmtour.com

Celimpungan merupakan makanan yang hampir mirip dengan laksan dan pempek, tapi bedanya adalah celimpungan berbentuk bulat dengan kuah santan yang manis-pedas, dan dicampur dengan cabai giling. Bahan dasar celimpungan adalah adonan sagu dan ikan.

Harganya pun cukup murah, biasanya dijual seharga Rp1.500,-- per buah.

5. Burgo

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasametropekanbaru.com

Makanan dari Palembang memang dikenal dengan pempeknya. Padahal ada olahan makanan lain yang tak kalah enak, seperti Burgo. Burgo merupakan salah satu hidangan khas Palembang yang disajikan dengan kuah santan dan terbuat memakai adonan tepung beras dan tepung sagu. Lalu dimasak seperti dadar tipis atau bolu gulung. Selanjutnya digulung dan diiris.

Hidangan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka makanan berbahan ikan. Jika ingin pedas, bisa tambahkan cabai hijau giling.

Burgo biasanya dijual mulai dari Rp3.000,- per buah.

6. Rujak Mie

6 Kuliner Palembang yang Pedas dan Gurih untuk Buka Puasareseppedia.com

Makanan terakhir yang tak kalah enak adalah rujak mie. Walaupun namanya rujak, tapi tidak ada sama sekali buah-buahan di dalamnya. Rujak mie ini biasanya berisi potongan pempek lenjer, pempek isi tahu, mi kuning, udang ebi, irisan timun, dan cuka pempek.

Bila kamu memakan satu porsi rujak mie, kamu dijamin akan langsung kenyang. Karena kandungan karbohidrat di dalam mie dan pempek akan membuat perutmu langsung terisi penuh. Apalagi rujak mie ini memiliki rasa pedas yang khas, sangat cocok deh untuk kamu yang suka makanan pedas.

Rujak mie biasanya dijual mulai dari Rp10.000,- s/d Rp25.000,-.

Itulah tadi 6 kuliner khas Palembang yang nikmat banget disantap saat buka puasa. Tentunya pantang kamu lewatkan kalau berkunjung ke sana juga!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Putri Arimbi Photo Community Writer Putri Arimbi

I'm still learning how to be a good writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You