Comscore Tracker

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!

Beragam rasa dan tekstur nih

Negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura dikenal dengan hidangan yang hampir mirip satu sama lain. Hidangan berbahan nasi pun kerap mudah ditemukan di kedua negara seperti nasi lemak. 

Tapi, ada juga beberapa hidangan nasi asal Malaysia yang terbilang unik dan jarang ditemui di negara tetangganya. Penasaran hidangan apa saja? Langsung simak yuk! 

1. Nasi lemak

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!nasi lemak (instagram/lilofoodies)

Kuliner nasional Malaysia ini gak hanya jadi favorit di negaranya tapi juga banyak dikenal di negara-negara Asia lainnya. Sejak tahun 1980-an, nasi lemak yang dulunya adalah hidangan para petani mulai menjadi menu yang dijajakan di jalanan. 

Nasi yang digunakan dimasak bersama santan dan disajikan dengan beragam lauk seperti timun, kacang, telur rebus dan sambal. Meski sering dinikmati sebagai sarapan, nasi lemak bisa dinikmati kapan saja. 

2. Nasi dagang

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!nasi dagang (instagram/nennie_khuzaifah98)

Nasi dagang merupakan hidangan yang kerap dinikmati sebagai sarapan. Hidangan berbahan beras ketan atau beras merah ini banyak ditemukan di daerah Timur Malaysia seperti Kelantan dan Terengganu. 

Nasi dagang dibuat dengan beras yang dimasak bersama santan lalu dinikmati bersama kari ikan pedas. Tambahan lainnya seperti sayuran, kerupuk ikan, telur rebus, dan sambal menjadi pelengkapnya. 

Baca Juga: 5 Nasi Lemak Terbaik di Kuala Lumpur Malaysia, Jangan Lupa Singgah!

3. Nasi kandar

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!nasi kandar (instagram/gedeinperut)

Nama nasi kandar diambil dari alat transportasi tradisional yang terbuat dari batang bambu untuk digunakan menjual hidangan ini dulunya. Nasi kandar juga disebut merupakan perpaduan hidangan India dan Malaysia. 

Hidangan ini menggunakan nasi yang dituangkan kari dan berbagai bumbu serta lauk lainnya. Untuk karinya sendiri cukup bervariasi karena bisa menggunakan beragam bahan seperti sayuran, daging dan seafood. 

4. Nasi ulam

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!nasi ulam (instagram/miss.foodculinary)

Nasi ulam sudah cukup banyak dikenal di Thailand dan Indonesia, terutama di Indonesia tepatnya di Jakarta. Nasi ulam khas Malaysia disebut berasal dari suku Peranakan di Malaysia. 

Hidangan ini merupakan campuran nasi dengan berbagai herba seperti daun sirih dan daun jambu mete. Namun versi modern juga kerap menambahkan udang kering, kelapa parut, bawang merah atau ikan asin suwir. 

5. Nasi kerabu

5 Hidangan Nasi dari Malaysia, Gak Cuma Nasi Lemak Kok!nasi kerabu (instagram/bb.bakes23)

Hidangan unik ini menjadi cukup populer lantaran warnanya yang cukup mencolok dan berbeda dari warna hidangan nasi lainnya. Warna biru nasi kerabu kerap disebut berasal dari bunga telang atau bunga biru dengan nama butterfly pea

Selain nasi berwarna unik, lauk pauk juga dijadikan pelengkap seperti telur asin, ikan atau ayam goreng, kerupuk ikan dan sambal. Beberapa sayuran juga ditambahkan seperti kubis, timun, kacang panjang dan taoge. 

Gak hanya nasi lemak, hidangan berbahan nasi asal Malaysia yang unik-unik dan bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sana. Kamu sudah pernah coba yang mana? 

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Malaysia yang Enak dan Ramah di Lidah, Sudah Coba?

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya