Comscore Tracker

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!

Rasa manis jagung cocok diolah jadi apa saja

Jagung bisa menjadi pengganti nasi sebagai karbohidrat. Jika diolah dengan bahan-bahan lainnya, tentu jagung akan mengenyangkan dan juga baik untuk kesehatan. 

Ada berbagai macam olahan jagung yang bisa dijadikan pilihan menu sehari-hari. Mulai dari bubur sampai camilan dari jagung bisa dinikmati.

Seperti menu olahan jagung khas Sulawesi berikut ini yang bisa kamu coba. Ada apa saja? 

1. Nasi jagung

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!instagram/andrianidyandra.sarilemon

Pertama ada menu khas kota Palu, yaitu nasi jagung. Nasi jagung dulunya dibuat karena suku Kaili mengalami paceklik. Hal ini membuat mereka memilih jagung yang telah ditumbuk untuk kemudian dicampur bersama nasi. 

Nasi jagung di Palu disandingkan bersama menu khas, seperti sayur kelor santan dan ikan duo atau ikan teri yang ditumis. Itulah yang membedakan nasi jagung khas palu dengan daerah lain. 

2. Barobbo

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!instagram/hj_hera_4a

Sekilas terlihat seperti bubur manado. Namun, barobbo memiliki sedikit perbedaan. Sayuran yang digunakan pada barobbo selain jagung adalah kacang panjang dan sayur kangkung serta tidak menggunakan labu seperti bubur manado. 

Barobbo dimakan bersama dengan ikan asin dan dilengkapi dengan perasan jeruk nipis. Kamu akan dengan mudah menemukkan barobbo di daerah Sulawesi Selatan dengan kisaran harga Rp20 ribu.

3. Bassang

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!instagram/fauzeeyyah

Bubur satu ini berbeda dari bubur lainnya karena memiliki rasa yang manis. Bassang menggunakan jagung pulut sebagai bahan utama ditambahkan dengan santan, air, tepung terigu, gula, dan garam. 

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih ini akan buat kamu semakin ketagihan. Orang Makassar biasanya mengkonsumsi bubur bassang sebagai menu sarapan mereka. 

Baca Juga: Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!

4. Jagung marning

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!instagram/bestcornnn

Satu lagi menu berbahan jagung dari Sulawesi Selatan, yaitu berupa camilan yang disebut jagung marning. Berasal dari salah satu kabupaten yaitu Bulukumba, jagung marning ini sering dijadikan oleh-oleh, lho. 

Jagung terlebih dahulu akan dibumbui, baru kemudian digoreng sampai benar-benar gurih. Kamu bisa memilih varian rasa, seperti pedas, dan asin. Dijamin bikin ketagihan! 

5. Binte buluhuta

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!instagram/dapoer_sammulia

Gorontalo punya binte biluhuta sebagai makanan andalan yang terbuat dari jagung. Makanan satu ini juga sering disebut milu siram atau sup jagung. 

Terbuat dari jagung yang direbus dengan bumbu khusus, lalu ditambahkan menu berupa ikan atau udang sesuai seleramu. Tak boleh ketinggalan bahan pelengkap, seperti jeruk nipis dan sambal untuk menambah cita rasa pedas dan asam. 

6. Bubur manado

6 Olahan Jagung Khas Pulau Sulawesi, Nikmat dan Wajib Coba!imstagram/menuseharihari

Siapa yang tak kenal dengan bubur manado, nih? Bubur yang juga disebut bubur tinutuan ini memiliki bahan yang beragam selain jagung. Bahan-bahan yang digunakan, seperti sayur bayam, kangkung, ubi merah, dan labu. 

Bubur manado sering dijadikan menu sarapan dan dinikmati dengan ikan asin dan sambal khusus. Rasanya begitu nikmat denga tekstur yang lembut, lho. 

Itulah makanan khas dari Sulawesi berbahan jagung yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Ada yang pernah kamu coba? 

Baca Juga: Cara Gampang Bikin Bubur Manado Asli, Makanan Sehat dan Lezat!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya