Comscore Tracker

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!

Kuliner Korea yang wajib dicoba

Waktu bersantai di sore hari memang tak lengkap tanpa makanan atau camilan lezat. Kalau di Indonesia, pisang goreng selalu menemani waktu sore bersama teh namin berbeda dengan negara lain. 

Di Korea Selatan, pancake seperti pajeon paling digemari sebagai makanan yang dinikmati saat bersantai terutama saat sedang hujan. Bukan hanya pajeon, banyak lagi lho jenis pancake lainnya dari Korea, dilansir Taste Atlas

Penasaran? Yuk simak yang berikut ini! 

1. Gamjajeon

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/afilama

Sesuai namanya, jenis pancake satu ini menggunakan kentang sebagai bahan utama. Kentang terlebih dulu dihaluskan lalu dicampur dengan bahan seperti daun bawang, wortel, dan bawang bombai. 

Gamjajeon biasanya berbentuk bulat kecil dan bertekstur crispy. Saus sebagai pendamping gamjajeon disebut choganjang yang merupakan campuran kecap, cuka, gula dan air. 

2. Pajeon

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/cookerru

Jenis jeon atau pancake satu ini merupakan yang paling populer dan digemari saat hujan. Pajeon menggunakan adonan yang dicampur berbagai bahan seperti tepung beras, telur dan bawang hijau. 

Pajeon biasanya dimasak dalam bentuk besar dan potong saat akan dimakan. Untuk saus celupnya biasanya hanya menggunakan soy sauce dan cuka. 

3. Hotteok

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/kucharzymyjakumiemy

Hotteok adalah jenis pancake manis yang mudah ditemukan di berbagai gerai pinggir jalan di Korea. Hotteok menggunakan isian seperti kayu manis, brown sugar, kacang dan walnuts. 

Hotteok memiliki bentuk yang tipis dan tebal juga terkenal dengan bagian luar yang crispy dan bagian dalam yang chewy. Pancake satu ini sering dinikmati saat musim dingin. 

Baca Juga: Resep Pancake Jamur Enoki, Hidangan Khas Korea yang Mirip Bakwan

4. Bindaetteok

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/cy_eats

Sudah ada sejak tahun 1670, bindaetteok dulunya dinikmati dengan potongan daging babi untuk para orang kaya dan tanpa daging babi untuk kalangan bawah. Bahan utama bindaetteok adalah kacang hijau yang dicampur kimchi, bawang bombai, nasi, daging babi dan tauge. 

Bindaetteok lalu dinikmati selagi masih panas karena bagian luarnya masih bertekstur crispy. 

5. Hwajeon

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/mistyyoon

Hwajeon dikenal sebagai pancake cantik yang sudah ada sejak Dinasti Koryo. Hwajeon memiliki arti kue bunga karena topping pancake ini menggunakan bunga yang bisa dimakan. 

Biasanya bunga yang digunakan seperti kelopak mawar, azalea dan bunga krisan. Selain dikenal sebagai makanan lezat, hwajeon juga disebut layaknya sebuah seni. 

6. Kimchijeon

6 Pancake Khas Korea Selatan yang Cocok Disantap Saat Bersantai, Enak!instagram/biancazapatka

Kimchijeon merupakan pancake yang menggunakan potongan kimchi, gochujang, daging dan berbagai sayuran yang dicampur dalam adonan tepung. Kimchi yang digunakan biasanya adalah kimchi yang sudah matang. 

Kimchijeon dinikmati bersama dengan saus celup yang ditaburi biji wijen. Selain sebagai camilan, kimchijeon juga dinikmati sebagai appetizer dan hidangan utama. 

Itulah beberapa pancake khas asal Korea Selatan yang cocok dinikmati di waktu santai. Kalian pernah coba yang mana nih? 

Baca Juga: Resep Bikin Pajeon, Pancake Sayur khas Korea Selatan yang Lembut

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya