Comscore Tracker

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribet

Banyak pilihan menu, wajib dicoba #IDNTimesFood

Salah satu kuliner khas Jepang yang dikenal simpel dan mudah dibuat yaitu Donburi. Istilah "don", diartikan sebagai mangkuk yang digunakan pada hidangan ini. 

Donburi sendiri merupakan hidangan yang terdiri dari nasi panas yang masukkan ke mangkuk khusus dan diberi beragam lauk di atasnya. Nah, donburi tak cuma satu jenis saja lho. Pengin tahu variasi donburi apa saja yang bisa dinikmati? 

Langsung simak yuk!

1. Gyudon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetgyudon (instagram.com/2.docs)

Gyudon merupakan jenis donburi yang paling terkenal dan digemari di Jepang. Gyudon berisi daging sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama bawang bombai dan kaldu bercita rasa gurih dan manis. 

Beberapa orang menambahkan gyudon dengan telur sebagai pelengkap. Tak hanya telur, acar jahe, kimchi, dan potongan daun bawang juga sering ditambahkan. 

2. Katsudon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetkatsudon (instagram.com/from5gi)

Jenis donburi lain yang populer yaitu katsudon dengan daging crispy sebagai topping atau menu utamanya. Sesuai namanya, katsu adalah hidangan berupa daging yang dilumuri tepung dan digoreng sampai kecoklatan. 

Katsu pada donburi pun bisa menggunakan daging ayam atau daging babi yang kemudian disiram dengan saus dashi. Biasanya, irisan bawang bombai dan telur orak-arik ditambahkan sebagai pelengkap. 

Baca Juga: 10 Kuliner Lokal Ini Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

3. Tendon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribettendon (instagram.com/jacqsowhat)

Tendon merupakan singkatan dari tempura donburi. Seperti namanya, variasi satu ini menggunakan beragam jenis tempura atau sejenis gorengan dari beragam bahan yang kemudian disatukan dengan nasi panas dalam mangkuk. 

Bahan paling digemari yang digunakan pada tendon adalah tempura udang, cumi dan sayuran. Sebagai pelengkap, saus seperti tentsuyu biasanya dijadikan pasangan serasi untuk menu ini. 

4. Soborodon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetsoborodon (instagram.com/berlinasianfood)

Soborodon merupakan jenis donburi yang sering dijadikan sebagai hidangan untuk anak-anak. Kombinasi dari soborodon merupakan nasi, ayam cincang, telur dan tambahan sayuran seperti brokoli. 

Penampilannya yang colorful selalu berhasil menarik perhatian anak-anak dan juga mengandung banyak nutrisi dalam satu mangkuknya. Soborodon juga kerap dibuat dalam versi bento dan dengan beragam garnish. 

5. Ikuradon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetikuradon (instagram.com/ptitimblog)

Ikuradon termasuk dalam jenis donburi yang paling cepat dalam proses pembuatannya. Yang diperlukan hanya nasi hangat lalu diberi topping berupa telur ikan salmon. 

Warna merah dari telur ikan salmon membuat mangkuk ikuradon seolah berkilauan. Rasa segar dan buttery dari telur ikan akan meleleh di lidah dan menyatu dengan tekstur nasi hangat. 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Polandia yang Memiliki Cita Rasa Unik dan Autentik

6. Oyakodon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetoyakodon (instagram.com/bmteac_blackrock)

Oyakodon merupakan donburi yang mengkombinasikan ayam dan telur sebagai topping di atas nasi hangat. Sesuai namanya, oyakodon memiliki arti "anak dan orang tua" sebagaimana telur dan ayam. 

Ayam yang digunakan terlebih dulu dikukus baru kemudian dimasak bersama telur. Sebelum disajikan, oyakodon diberi irisan bawang bombai, kaldu, dan merica shichimi. 

7. Butadon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetbutadon (instagram.com/hazeldiary_)

Sesuai namanya, buta dalam bahasa jepang berarti babi. Donburi satu ini menggunakan daging babi dan cara masaknya hampir mirip dengan gyudon. 

Butadon dibuat karena dulunya ada larangan untuk memakan daging sapi di awal tahun 2000-an di Jepang. Karena itu banyak penjual gyudon yang beralih menjual butadon, meski begitu kini butadon juga masih banyak dikonsumsi. 

8. Kaisedon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetkaisedon (instagram.com/clum88)

Kaisedon merupakan versi seafood atau hidangan laut dari donburi. Hidangan ini merupakan makanan khas yang berasal dari bagian utara Jepang tepatnya Hokkaido. 

Beragam jenis seafood yang digunakan pada kaisedon berupa daging kepiting, kerang, telur ikan salmon dan daging landak laut. Nasi hangat bercampur dengan cita rasa segar dari seafood selalu berhasil bikin ngiler para penikmatnya. 

9. Unadon

9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribetunadon (instagram.com/mai.ng)

Baca Juga: Selain Ramen, 7 Kuliner Mi Mancanegara Ini Terkenal Lezat di Negaranya

Unadon adalah singkatan dari unagi don atau yang dikenal dengan belut bakar. Semangkuk nasi panas diberi topping berupa belut bakar yang sudah dimarinasi dengan saus gurih. 

Unagi akan dibakar hingga warnanya berubah kecoklatan dan mengkilap. Aroma belut bakar dengan rasanya yang gurih cocok banget disantap dengan nasi hangat. 

Terlihat sangat lezat kan, beberapa jenis donburi asal Jepang tersebut? Kamu pernah coba yang mana saja? 

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya