Comscore Tracker

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sate

Salah satu jajanan yang populer di Busan, nih

Indonesia adalah negara kepulauan sehingga tak mengherankan mengapa ikannya melimpah. Adalah "otak-otak", salah satu kuliner Indonesia yang berbahan baku berupa ikan tenggiri. Nah, di Korea Selatan, ada pula sajian yang menggunakan bahan baku dari ikan. Makanan tersebut bernama eomuk. Apa sih keunikannya?

1. Eomuk menggunakan ikan sebagai bahan baku utama, lalu dicampur tepung terigu serta bumbu 

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sateinstagram.com/ggammi

Eomuk diolah dari daging ikan yang sebelumnya telah dicincang halus, kemudian dicampurkan dengan tepung terigu serta ragam bumbu lainnya. Adonan tersebut lantas diuleni hingga kalis, dibentuk sedemikian rupa, lalu ditusuk seperti sate. Selanjutnya, eomuk tadi direbus dalam kaldu hingga matang.

2. Eomuk sekilas mirip seperti otak-otak untuk cita rasa dan aroma, tapi tampilannya seperti sate

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sateinstagram.com/eating_juuu

Berdasarkan bahan dan citarasanya, eomuk sekilas mirip dengan otak-otak di Indonesia. Tekstur eomuk pun kenyal serta memiliki aroma ikan laut yang khas. Akan tetapi, tampilannya justru bercirikan seperti sate sebab ditusuk.

3. Eomuk termasuk dalam kategori makanan ringan dan sedap dilahap selagi hangat

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sateinstagram.com/ezzigong

Di Korea Selatan, eomuk termasuk ke dalam kategori makanan ringan. Eomuk sedap disantap selagi masih hangat. Makanan ini juga kerap dijajakan sebagai jajanan pasar ataupun jajanan pinggir jalan bersama tteokbokki dan makanan ringan lainnya.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea, Lebih Hemat dan Bisa Makan Sepuasnya 

4. Eomuk disajikan lengkap bersama kuahnya yang turut meningkatkan cita rasa akhir

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sateinstagram.com/eddiepjam

Untuk penyajiannya, eomuk yang telah direbus matang akan dihidangakan lengkap dengan kuahnya. Usut punya usut, kuah tersebut turut bersumbangsih dalam memperkaya cita rasa akhir pada eomuk. Cita rasa khas daging ikan jadi semakin sedap saat dipadukan dengan kuah gurih yang dibubuhkan daun bawang.

5. Eomuk dapat dijumpai di berbagai daerah di Korea Selatan, tapi paling terkenal di Busan

5 Fakta Eomuk, Otak-otak ala Korea yang Bentuknya Kayak Sateinstagram.com/wwwoo6_

Eomuk dapat dijumpai di berbagai daerah di Korea Selatan. Akan tetapi, makanan ringan ini rupanya lebih populer di Busan yang merupakan kota pelabuhan terbesar di negara tersebut. Bahkan, eomuk menjadi salah satu makanan cepat saji yang paling digemari baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara.

Kamu mau coba otak-otak versi Korea ini? Tak kalah unik, lho.

Baca Juga: Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di Korea

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya