Comscore Tracker

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! 

#IDNTimesFood Gyeongdan bercita rasa manis

Usut punya usut, kudapan khas Korea yang berbahan tepung beras tak hanya tteokbokki saja. Ada pula gyeongdan, yang bentuknya tak memanjang seperti tteokbokki melainkan membulat. Gyeongdan pun tak kalah unik dan menarik dari tteokbokki, lho. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Gyeongdan merupakan kategori tteok (tepung beras) sebab dibuat dari tepung beras ketan

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! ilustrasi gyeongdan (instagram.com/_diendibt)

Gyeongdan termasuk ke dalam jenis tteok (kue beras). Pasalnya, sajian ini memang diolah menggunakan tepung beras ketan. Usut punya usut, agaknya, gyeongdan dapat diibaratkan seperti klepon ala orang Korea, nih.

2. Gyeongdan bercita rasa manis, bertekstur kenyal, dan diberi isian kacang tanah/merah

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! ilustrasi gyeongdan (instagram.com/home.plate_)

Gyeongdan menyuguhkan cita rasa dominan yang manis. Selain itu, tekstur dari bola-bola mungil ini pun terasa kenyal. Gyeongdan juga dilengkapi dengan isian. Alhasil, cita rasanya tentu menjadi lebih kaya.

Umumnya, isian yang digunakan untuk gyeongdan adalah kacang tanah ataupun kacang merah. Cukup sesuaikan saja dengan selera.

Baca Juga: 5 Minuman Non Alkohol Khas Korea Selatan yang Perlu Banget Dicoba

3. Gyeongdan diolah dengan cara yang secara umum sama seperti klepon pada umumnya

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! ilustrasi gyeongdan (instagram.com/chitohuna)

Untuk pengolahannya, gyeongdan dibuat sebagaimana klepon pada umumnya. Tepung beras diuleni lalu dibentuk menjadi bola-bola kecil, serta dimasukkan isiannya. Klepon tersebut lantas direbus dalam air hingga matang.

Jika sudah matang, klepon diangkat dan ditiriskan. Kemudian, klepon dibalurkan madu, kacang merah atau kacang tanah yang telah ditumbuk, dan biji wijen giling atau panggang.

4. Gyeongdan termasuk kudapan sehingga cocok disajikan saat bersantai

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! ilustrasi gyeongdan (instagram.com/tae_hoon42)

Gyeongdan termasuk ke dalam kategori kudapan. Bola-bola manis yang kenyal ini agaknya cocok dilahap bersama secangkir teh hangat. Selain itu, gyeongdan juga pas dijadikan teman untuk menemani aktivitas lainnya.

5. Gyeongdan rupanya populer di kalangan anak-anak dan disajikan pada perayaan ulang tahun

5 Fakta Gyeongdan, Si Bulat Kenyal yang Digemari Anak-Anak Korea! ilustrasi gyeongdan (instagram.com/flowerbolle)

Usut punya usut, gyeongdan rupanya juga populer di kalangan anak-anak di Korea Selatan. Pasalnya, makanan ini kerap dihidangkan dalam perayaan ulang tahun. Konon, gyeongdan dipercaya dapat mengusir roh jahat.

Apakah kamu tertarik mencicipi klepon ala Korea ini? Jika belum berkesempatan berkunjung ke Korea, yuk coba bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Sup Ayam Ginseng Korea, Menu Peningkat Imun yang Nikmat 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya