Comscore Tracker

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khas

Penggemar drama Korea pasti sering lihat ini, kan?

Daun perila alias sesame leaf yang bernama latin Perilla frutescens ini merupakan tanaman yang umum ditemui di Asia. Daun ini tak hanya sekadar daun biasa sebab kerap dihidangkan dalam dunia kuliner. Misalnya saja di Korea Selatan, daun perila ini disebut kkaennip dengan salah satu olahannya adalah kkaennip jangajji. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kkaennip jangajji berbahan baku berupa daun perila dan merupakan sajian yang umum di Korea

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khasinstagram.com/phuket_jm

Kkaennip atau daun perila merupakan jenis daun yang sangat umum dijumpai dalam kuliner Korea. Pasalnya, daun ini kerap dijadikan pelengkap untuk makanan utama maupun diolah menjadi makanan fermentasi bernama kkaennip jangajji alias soy sauce-fermented perilla leaves atau Korean pickled perilla leaves

2. Kkaennip jangajji terdiri dari daun perila yang direndam dalam kecap asin khas Korea

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khasinstagram.com/gummys_dad

Selain daun perila, kkaennip jangajji juga terdiri dari bahan-bahan lain sebagai tambahan. Lembaran daun perila disusun bertingkat, lalu direndam dalam kecap asin (soy sauce khas Korea). Tak hanya itu, ada pula bawang putih, cabai merah, hingga daun bawang untuk membumbuinya.

Baca Juga: 5 Trivia Yangnyeom Tongdak, Sajian Ayam Favorit Masyarakat Korea

3. Kkaennip jangajji disajikan bersama nasi (dan lauk-pauk) sebagai makanan pendamping

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khasinstagram.com/jinny_dosirak

Kkaennip jangajji umumnya dihidangkan bersama nasi. Untuk menyantapnya, dengan bantuan sumpit, selembar daun perila akan diambil untuk membungkus nasi (dan lauk-pauk). Kemudian, daun perila berisi nasi dan lauk itu dilahap dalam sekali suap.

4. Kkaennip jangajji menyuguhkan cita rasa yang "unik" melalui paduan bahan-bahannya

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khassaveur.com

Daun perila identik dengan aroma yang khas. Teksturnya pun tampak agak berbulu namun kesat. Cita rasa daun ini agak pedas namun juga menyegarkan. Ragam keunikan tersebut lah yang agaknya membuat daun perila menarik untuk dipadukan dengan daging barbekyu maupun diolah menjadi acar.

5. Kkaennip jangajji bukan satu-satunya masakan Korea yang berbahan baku berupa daun perila

5 Fakta Kkaennip Jangajji, Daun Perila Fermentasi ala Korea yang Khaskoreanbapsang.com

Usut punya usut, tak cuma hidangan kkaennip jangajji yang menjadi favorit masyarakat Korea untuk mengolah daun perila. Pasalnya, daun perila ini juga kerap diolah ke dalam ragam masakan lain. Misalnya adalah kkaennip kimchi dan kkaennip jeon.

Wah, kira-kira kalau kamu diberi daun perila, akan dimasak jadi apa? Sst, kkaennip jangajji tampaknya menjadi salah satu pilihan yang menarik, nih. 

Baca Juga: Resep Hobakjuk, Bubur Labu Kuning Korea yang Manis dan Lezat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya