Comscore Tracker

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea 

#IDNTimesFood Jarang dibahas, tapi laris di Korea

Selain industri hiburan yang dinamis dan masif, Korea Selatan juga memiliki kuliner tradisional yang tetap terjaga ditengah modernisasi. Salah satu hidangan tersebut adalah mideodeok. Kendati tak terlalu umum didengar oleh masyarakat luar Korea, tetapi sajian yang satu ini tak kalah menarik. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Mideodeok juga disebut dengan nama stalked sea squirt, styela clava, dan Asian tunicate

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea Mideodeok (marketoyou.com)

Usut punya usut, mideodeok pada dasarnya adalah hewan. Mideodeok merupakan sebutan oleh masyarakat Korea untuk hewan yang umum dirujuk dengan nama stalked sea squirt. Secara ilmiah, hewan yang satu ini merupakan Styela clava (ataupun Asian tunicate).  

2. Mideodeok merupakan hewan laut yang jarang dikonsumsi, tapi justru sebaliknya di Korea

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea Mideodeok (sai.azy.kr)

Mideodeok alias stalked sea squirt termasuk kategori hewan laut. Di antara beragamnya hewan laut yang diolah ke dalam masakan, agaknya stalked sea squirt adalah yang jarang dikonsumsi. Kendati demikian, di Korea Selatan, hewan ini rupanya merupakan salah satu hidangan laut yang banyak digemari.

Baca Juga: 7 Panekuk ala Korea Ini Berbahan Baku Olahan Laut, Mana Favoritmu?

3. Mideodeok kadang menggunakan omandugi sebagai alternatif untuk olahan masakannya

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea Mideodeok (10000recipe.com)

Selain midedeok, ada pula hewan serupa bernama omandungi. Kadang omandugi pun dijadikan alternatif bagi mideodeok. Omadugi dikomersilkan dengan harga yang terbilang lebih murah dibandingkan mideodeok. Akan tetapi, kesegaran dan tekstur mideodeok disinyalir lebih baik daripada omandugi.

4. Mideodeok tak hanya sedap tapi juga memiliki khasiat kesehatan dan bernilai gizi tinggi

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea Mideodeok (10000recipe.com)

Mideodeok tak hanya menyuguhkan kelezatan yang unik melalui ragam hidangannya. Pasalnya, khasiat medis dari mideodeok pun tak kalah menarik. Mideodeok dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan protein pada mideodeok pun terbilang tinggi.

5. Mideodeok digemari oleh masyarakat Korea dan dapat diolah ke dalam ragam masakan

5 Keunikan Mideodeok, Si Mungil yang Digilai Masyarakat Korea Mideodeok (onul-hoi.com)

Masyarakat Korea memang gemar mengolah hidangan laut. Hal ini tak mengherankan mengapa mideodeok menjadi salah satu menu dengan banyak penggemar. Mideodeok pun dapat dikreasikan ke dalam ragam masakan baik berkuah, tumis, ataupun kukus.

Di Indonesia, apakah mideodeok alias stalked sea squirt juga lazim diolah ke dalam sepiring hidangan? Masakan apakah itu?

Baca Juga: 5 Sajian Korea Berbahan Ikan, Ada Camilan hingga Lauk Pauk

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya