Comscore Tracker

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusuk

Wajib banget diperhatikan oleh pecinta makanan pedas, nih!

Bagi penyuka hidangan bercitarasa pedas, cabai merupakan bahan utama yang patut tersedia di rumah. Kendati demikian, cabai tak jarang malah cepat membusuk padahal stoknya masih banyak. Nah, supaya persedian cabaimu tak lagi terbuang percuma, coba praktekkan kiat berikut, deh. Bisa awet hingga sebulan, lho!

1. Pastikan cabai masih dalam kondisi yang baik

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusukm.economictimes.com

Pastikan cabai yang dibeli memang berkualitas bagus dan kondisinya masih segar. Misalnya, cobalah tekan bagian tengah cabai tersebut. Apabila terasa keras (tak lembek atau malah rentan hancur), maka cabai dapat dikatakan masih dalam kondisi yang baik.

2. Angin-anginkan cabai sebelum disimpan

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusukhellomagazine.com

Jika belum akan digunakan, simpanlah cabai di tempat yang tak lembab ataupun yang terlampau kering. Jika membeli cabai yang dibungkus dalam plastik, maka keluarkan cabai tersebut, lalu angin-anginkan untuk menghindari cabai menjadi lembab akibat lama disimpan dalam plastik.

3. Masukkan cabai ke dalam wadah tertutup yang sudah dialas dengan tisu kering

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusuktimesofindia.indiatimes.com

Selanjutnya, pisahkan cabai dari tangkainya, seka badannya hingga bersih (jangan dicuci), 
masukkan cabai (jangan terlalu penuh) ke wadah yang sudah diberi alas berupa tisu kering, serta tambahkan pula sesiung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai tersebut, lalu tutup rapat wadah, dan simpan ke dalam kulkas. Gantilah tisu apabila sudah terasa agak basah.

Baca Juga: 5 Fakta Luar Biasa Cabai Rawit, Gak Cuma Pedas Saja

4. Cuci cabai sesaat akan digunakan

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusukjesmondfruitbarn.com.au

Takarlah banyak cabai yang dibutuhkan untuk memasak hidangan, dan cuci cabai-cabai tersebut sesaat akan digunakan. Ini bertujuan untuk menjaga kesegaran cabai supaya dapat tahan lebih lama, terutama cabai yang memang belum akan segera dipakai.

5. Alternatif selain kulkas, tempatkan cabai di wadah berlubang-lubang

5 Kiat Menyimpan Cabai Supaya Tak Rentan Membusukeatlittlebird.com

Alternatif penyimpan selain kulkas yakni wadah yang memiliki lubang-lubang. Tujuannya, supaya cabai tak menjadi lembab. Tempatkanlah wadah tersebut di area yang terkena angin (tak lembap dan tak pula terlalu kering).

Wajib banget diperhatikan oleh pecinta makanan pedas, nih!

Baca Juga: 6 Manfaat Cabai Buat Kesehatan Ini Jarang Diketahui

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You