Comscore Tracker

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengket

Siapa sih yang sanggup menolak kelezatan dari ikan bakar?

Digilai oleh berbagai kalangan, citarasanya yang gurih lagi segar akan semakin sedap disantap saat dicocol bersama sambal matah hingga saus kecap. Kendati demikian, terkadang mengolah ikan bakar terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, daging ikan malah hancur saat diangkat karena terlalu lengket pada panggangan. Nah, sebelum mengolah ikan bakar favoritmu tersebut, coba deh perhatikan cara bakar ikan berikut ini.

1. Gunakan jenis ikan yang berdaging tebal

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengketmyrecipes.com

Ikan terdiri dari aneka ragam. Untuk diolah menjadi ikan bakar, pilihlah ikan yang berdaging tebal. Misalnya, ikan bawal, ikan baronang, ikan gurame, ataupun ikan kakap. Sebab, ikan berdaging tipis seperti ikan kembung akan mudah hancur saat dipanggang.

2. Pastikan ikan masih dalam kondisi segar

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengketbearnakedfood.com

Dibandingkan ikan yang dibekukan, lebih disarankan untuk membeli ikan di pasar ikan yang kesegarannya lebih prima. Amati kondisi keselurahan dari ikan tersebut, mulai dari kulitnya masih cerah alami, sirip yang kuat, mata yang menonjol normal dan jernih, hingga insang merah segar yang tak kering.

Selain itu, periksa pula kondisi dagingnya. Tekanlah pelan, jika terasa padat, kembali ke keadaan semula sesaat setelah ditekan, dan tak mudah robek, artinya ikan masih dalam kondisi yang segar.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!

3. Cuci ikan, buang isi perut, kerat badannya

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengkethungryforever.com

Cucilah ikan hingga bersih, serta buang isi perutnya. Letakkan ikan di tas talenan, lalu kerat-kerat kedua sisi badannya. Keratan tersebut bertujuan supaya bumbu dapat meresap hingga ke bagian dalam. Jangan mengeratnya terlalu dalam (atau terlalu ditekan) supaya ikan malah tak putus.

Sedangkan untuk ikan yang berukuran besar, belahlah membujur sisi kiri atau kanan pada badan ikan, kemudian bentangkan melebar. Tujannya, supaya kematangan ikan dapat lebih merata ke seluruh bagian dagingnya.

4. Marinasi ikan dengan bumbu sesuai selera

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengketbonappetit.com

Rendamlah ikan dalam campuran air jeruk nipis dan garam selama beberapa menit untuk mengurangi aroma amis pada ikan. Nah, proses marinasi ikan yang lebih kaya citarasa juga dapat dilakukan dengan merendam atau membalurkan ikan pada ragam bumbu sesuai selera.

Misalnya, bumbu kuning yang diolah dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica dan garam yang dihaluskan, ataupun bumbu kecap menggunakan kecap manis, bawang putih, dan cabai. Kemudian, simpan ikan yang dimarinasi tersebut ke dalam kulkas sekitar 15-30 menit supaya bumbunya dapat meresap sempurna.

5. Olesi ikan dan panggangan dengan minyak

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengketseriouseats.com

Olesi ikan dengan sedikit minyak sesaat sebelum dipanggang supaya dagingnya tak malah menempel pada panggangan kelak. Namun, jangan mengolesinya apabila bumbu marinasi sebelumnya juga sudah menggunakan minyak. Selain itu, olesi pula panggangan dengan minyak untuk lebih menekan kemungkinan lengketnya daging ikan kelak.

6. Bakar sekitar 5 menit, lalu balikkan

5 Cara Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Lengketcoastalliving.com

Tempatkan ikan yang belum diberi tambahan bumbu apapun pada panggangan. Kemudian, bakarlah hingga tampak agak kering. Selanjutnya, oleskan bumbu tambahan ke permukaan daging ikan tersebut. Biarkan sekitar 5 menit, lalu dibalik, dan olesi bumbu tambahan pada sisi tersebut, serta tunggu hingga 5 menit.

Jika menggunakan panggangan (bukan yang berbentuk penjepit ikan), maka jangan sering membolak-balik ikan tersebut, sebab dapat mengakibatkan dagingnya hancur. Angkatlah ikan ketika matangnya sudah tampak merata di kedua sisi. Lakukan dengan hati-hati supaya daging ikan tak malah robek.

Tuh, siapa sih yang sanggup menolak kelezatan dari ikan bakar? Jangan lupa pakai cara bakar ikan yang dijelaskan tadi ya!

Baca Juga: 5 Restoran Seafood di Surabaya Paling Hits, Surganya Pecinta Ikan!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You