Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lama

Siapa nih yang gemar mengolah masakan dengan santan?

Santan merupakan bahan yang tak asing dalam kuliner nusantara. Pasalnya, beragam sajian memang membutuhkan santan dalam proses memasak. Nah, dibandingkan dengan santan kemasan yang siap pakai, santan segar rupanya memiliki citarasa yang jauh lebih gurih. Sayangnya, santan termasuk bahan yang rentan rusak, apalagi disimpan dalam waktu lama.

Tapi jangan khawatir, ikuti saja panduan menyimpan santan segar berikut, supaya gurihnya tetap tahan lama.

1. Peras santan menggunakan air matang

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lamayoutube.com

Usahakan untuk menyimpan santan dalam keadaan yang masih segar. Saat memeras santan, pakailah air matang. Jangan merebus santan terlebih dahulu, sebab santan akan menjadi seperti terpisah-pisah dan berminyak saat dilumerkan. Imbasnya, santan seperti ini kurang cocok saat diolah ke dalam masakan tertentu.

2. Simpan santan di dalam wadah tertutup

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lamahealth.harvard.edu

Saring santan supaya bersih dari kotoran atau residu yang mungkin masih tersisa. Kemudian, simpanlah dalam wadah tertutup agar santan tak terkena debu atau kotoran dari luar. Jika santan sudah lebih dahulu direbus, maka pastikan santan sudah benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang kedap udara.

3. Hindari menyimpan santan dalam wadah logam

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lamahealthline.com

Pasalnya, wadah jenis ini umumnya tak kedap udara sehingga dapat memungkinkan masuknya bakteri dari luar sehingga membuat santan malah cepat rusak. Selain itu, wadah logam ternyata juga dapat mempengaruhi cita rasa dan kualitas dari santan yang disimpan di dalamnya.

Baca Juga: Selain Soto, Ini 7 Hidangan Berkuah Santan Lainnya yang Maknyus Banget

4. Simpan santan di dalam freezer

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lamahealthline.com

Tujuannya, supaya santan dapat bertahan lebih lama sekitar 1-2 bulan dalam keadaan beku. Sesaat akan digunakan, cairkanlah santan tersebut sebelum dicampurkan ke dalam masakan. Kualitasnya sama kok dengan santan yang tak dibekukan.

5. Beri label berupa tanggal penyimpanan

5 Tips Menyimpan Santan, Segar dan Gurih Lebih Lamamedicalnewstoday.com

Untuk memperkirakan masa kedaluwarsa dan kualitas santan, cantumkan tanggal saat santan disimpan pada wadah tersebut. Pastikan tulisannya jelas terbaca. Hal ini tak hanya berlaku pada santan saja, melainkan bahan makanan yang memang ditujukan untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Nah, siapa nih yang gemar memasak dengan olahan santan? Harus banget deh mematuhi tips menyimpan santan tadi ya!

Baca Juga: Gak Bersantan, 7 Makanan Ini Cocok Dinikmati Usai Suasana Lebaran

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya