Comscore Tracker

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabuk

Pecinta KDrama pasti sudah gak asing, nih

Kecambah, atau juga dikenal dengan nama taoge merupakan tumbuhan yang sedang mengalami tahap perkembangan di fase perkecambahan. Tepatnya, tumbuhan muda ini baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji.

Nah, dalam dunia kuliner, kecambah juga kerap diolah ke dalam masakan. Salah satunya adalah sup kecambah atau kongnamul guk seperti di Korea.

Berikut lima trivia kongnamul guk, sup pereda mabuk dari Korea Selatan yang menarik untuk kalian ketahui.

1. Penamaan kongnamul guk

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabukinstagram.com/petehuskee

Secara etimologi, penamaan kongnamul guk berasal dari dua kata. Pertama, kata kongnamul yang berarti kecambah. Kedua, kata guk yang bermakna hidangan sup. Dengan kata lain, kongnamul guk merupakan sup yang berbahan baku berupa kecambah.

2. Kongnamul guk tak menggunakan kecambah dari kacang hijau, tetapi kedelai

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabukinstagram.com/mateuldamda

Tahukah kalian, jika kecambah yang digunakan untuk kongnamul guk berasal dari kacang kedelai. Tentunya ini sedikit berbeda dengan olahan kecambah pada umumnya.

Tak hanya kecambah, sup ini juga terdiri dari berbagai bahan pelengkap lainnya, seperti air, teri, daun bawang, bawang putih, hingga garam.

Baca Juga: 5 Trivia Gyeran Mari, Dadar Gulung Korea yang Sering Muncul di KDrama

3. Kongnamul guk disantap selagi hangat, cita rasanya menyegarkan, gurih, dan agak pedas

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabukinstagram.com/empressofkorea

Sup kecambah satu ini disantap selagi masih hangat. Cita rasanya pun menyegarkan dengan sensasi agak pedas dan gurih. Selain itu, kongnamul guk pun dapat diperkaya dengan tambahan kimchi, bahkan telur mata sapi. Cukup sesuaikan saja dengan selera.

4. Kongnamul guk memiliki ragam varian tambahan isian berdasarkan daerahnya

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabukinstagram.com/mandu.krakow

Rupanya, Kongnamul guk terdiri dari ragam varian berdasarkan daerahnya. Misalnya, di wilayah Korea bagian selatan, seperti Busan. Sup kecambah tersebut umumnya khas dengan penambahan tahu yang berkebalikan dengan di wilayah utara, seperti Seoul.

5. Kongnamul guk termasuk kategori banchan, serta kerap disantap sebagai pereda mabuk

5 Trivia Kongnamul Guk, Sup Kecambah khas Korea untuk Pereda Mabukinstagram.com/jaha99

Banchan atau side dish khas Korea sangat lezat jika disantap bersama nasi hangat. Selain itu, karena kebiasaan masyarakat Korea yang gemar minum minuman beralkohol, semangkuk kongnamul guk kerap disantap sebagai sajian pereda mabuk saat bangun keesokan harinya.

Bagi yang gemar menikmati drama seri Korea Selatan, pastinya sudah tak asing dengan sup kecambah hangat ini. Pasalnya, sering para tokoh dalam drama menyantapnya di pagi hari setelah acara minum-minum.

Baca Juga: 5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya