Comscore Tracker

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama 

Eits, walau penasaran, tapi tetap ikuti norma ya 

Bagi yang gemar menonton drama seri dari Negeri Ginseng, Korea Selatan, pastinya sudah tak asing dengan adegan di mana pelakonnya tengah menikmati minuman beralkohol bersama rekan, seperti di kedai pinggir jalan. 

Tak hanya soju, jenis minuman beralkohol lain pun turut disajikan. Misalnya adalah makgeolli. Hm, apa sih makgeolli itu?

1. Makgeolli juga disebut sebagai Nongju

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama instagram.com/makgeollilove

Makgeolli adalah jenis minuman beralkohol tradisional ala Korea. Nama lain dari minuman ini adalah Nongju yang bermakna "arak petani" karena memang terkenal di kalangan petani pada zaman dahulu.

Usut punya usut, minuman ini merupakan "minuman rakyat" bagi orang Korea. Oleh sebab itu, makgeolli kerap disajikan saat pesta dan juga dibuat sendiri di rumah.

2. Makgeolli diolah dari beras sehingga warnanya pun putih keruh

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama instagram.com/soolsi17

Makgeolli diolah dari beras yang dikukus serta difermentasi. Hal ini tak mengherankan mengapa warna makgeolli adalah putih keruh. Selain itu, teksturnya pun sejatinya masih memiliki ampas beras.

Baca Juga: Resep Goguma Latte, Minuman Ubi Manis ala Korea yang Menyehatkan

3. Makgeolli juga menggunakan bahan tambahan yang tak biasa

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama instagram.com/gogi_korean_bbq

Beras memang bahan baku yang paling utama, namun ada lagi bahan penting dalam pembuatan makgeolli yaitu ubi jalar (ataupun gandum). Untuk proses fermentasi pun tak hanya memakai ragi melainkan turut menggunakan Lactobacillus guna menekan bakteri. 

4. Makgeolli bercita unik dan kadar alkoholnya rendah

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama instagram.com/helplesskebin

Cita rasa yang disuguhkan oleh makgeolli yakni paduan manis dan sedikit asam. Usut punya usut, minuman beralkohol yang satu ini memiliki kadar alkohol yang terbilang rendah dibandingkan jenis munuman beralkohol lainnya seperti Soju.

5. Eits, makgeolli penyajiannya tak dituang di gelas biasa lho

5 Trivia Makgeolli, Minuman Putih Keruh yang Sering Muncul di KDrama instagram.com/chororoming

Untuk penyajiannya, makgeolli dituang ke dalam mangkuk kecil, dan disantap bersama bersama anju berupa pajeon atau bindaetteok. Selain buatan rumahan, makgeolli juga dijual di pasaran dalam kemasan berupa botol plastik. Bahkan, makgeolli  telah dikreasikan dengan menambahkan cita rasa lain seperti stroberi, kiwi, pisang, dan lainnya.

Ternyata tak hanya soju yang menjadi minuman beralkohol populer di Korea. Pasalnya, minuman tradisional seperti makgeolli pun mampu meraup minat yang tak sedikit. Eits, walau penasaran untuk mencicipi minuman beralkohol yang satu ini, tapi tetap ikuti norma yang berlaku, ya!

Baca Juga: Resep Chicken Wings Madu ala Korea, Suka Jadi Lauk atau Camilan?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya