Comscore Tracker

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujan

Tahunya lembut, kuahnya pedas-gurih, santap selagi hangat

Tahu merupakan bahan makanan yang lazim dalam kuliner Asia. Tahu diolah dari endapan perasan kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu pun terdiri dari aneka ragam. Ada tahu pong, tahu putih, tahu kuning, tahu kulit, tahu bulat, hingga tahu sutera alias tofu.

Di Korea Selatan, ada hidangan khas bernama Sundubu jjigae yang berbahan baku berupa tahu sutera. Hmm, apa saja sih hal menarik tentang sajian yang satu ini?

1. Sundubu jjigae berasal dari dua kata yakni "sundubu (tahu halus)" dan "jjigae (jenis sup)"

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/korenin.merkezi

Secara etimologi, "sundubu" bermakna "tahu halus" dan "jjigae" merujuk pada jenis masakan Korea berupa sup (berkuah). Dengan kata lain, sundubu jjigae adalah sup tahu halus. Oleh sebab itu, hidangan ini dikenal pula dengan nama Korean soft tofu stew sebagai sebutan internasionalnya dalam bahasa Inggris.

2. Sundubu jjigae berbahan baku utama untuk isiannya berupa tahu sutera (tofu)

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/s_uuoo

Sebagaimana "jjigae" umumnya, sundubu jjigae ini pun termasuk dalam kategori hidangan berkuah. Sesuai penamaannya, ciri khas dari sajian tersebut adalah bahan baku untuk isiannya. Tepatnya, penggunaan tahu sutera (tofu) yang teksturnya memang dikenal halus dan lembut.

Baca Juga: 6 Fakta Hobakjuk, Bubur Labu Khas Korea yang Bagus untuk Orang Sakit

3. Sundubu jjigae juga dilengkapi dengan ragam bahan tambahan baik nabati maupun hewani

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/chaerinnn_

Kuah untuk sup ini menggunakan kaldu sapi yang turut dibumbui khas dengan penambahan kecap asin. Dalam semangkok sundubu jjigae tak hanya ada tahu sutera, bahan-bahan lain pun turut ditambahkan sebagai pelengkap.

Ada bahan nabati seperti sayur-sayuran. Ada pula ragam bahan hewani yang dapat disesuaikan dengan selera mulai dari telur, daging sapi, hingga makanan laut seperti udang, cumi-cumi, dan kerang.

4. Sundubu jjigae bercita rasa kaya dari bahan-bahannya, dengan kuah pedas namun juga gurih

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/meal_bami

Ragam bahannya membuat cita rasa sup tahu halus ini menjadi kaya. Kalau cIta rasa kuahnya yakni pedas yang terbilang cukup kuat. Hal tersebut tak mengherankan sebab warna kuahnya memang kemerahan. Kendati demikian, sensasi gurihnya tetap terasa. Sundubu jjigae disantap selagi hangat agar cita rasanya lebih pekat.

5. Sundubu jjigae disajikan menggunakan mangkok khas Korea yang disebut "ttukbaegi"

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/flameoftheforest__

Salah satu varian sup yang popular di Korea ini disajikan menggunakan ttukbaegi. Ttukbaegi adalah mangkuk keramik tradisional untuk menghidangkan masakan Korea. Usut punya usut, mangkok ini memang dikenal untuk dipakai pada sajian yang disantap selagi hangat karena dapat menyerap panas dan menjaga masakan tetap hangat.

6. Sundubu jjigae dapat disantap bersama nasi putih, kimchi, dan ragam lauk-pauk pendamping

6 Fakta Sundubu Jjigae, Sup Tahu Sutera dari Korea yang Pas saat Hujaninstagram.com/yomyomsta

Sebab dilahap selagi hangat, maka sup tahu halus ini pun cocok dijadikan santapan saat hujan ataupun musim dingin. Selain itu, tekstur tahu sutera yang lembut pun memudahkan para lansia untuk memakannya. Sundubu jjigae dapat didampingi dengan nasi putih, kimchi, serta beberapa lauk-pauk pendamping.

Siapa nih yang sudah penasaran dengan cita rasa dari sup tahu pedas ala Korea ini? Ragam bahannya membuat selera semakin menggelora. Apalagi saat disantap di musim hujan, duh sedapnya makin juara!

Baca Juga: 6 Fakta Beondegi, Kuliner Ekstrem Korea dari Kepompong Ulat Sutera  

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya