Comscore Tracker

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariaman

Belum sah ke Pariaman, kalau belum coba Sala Lauak

Ranah Minang memang menyuguhkan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Masakannya kerap diidentikkan dengan citarasa pedas serta penggunaan rempah yang terbilang masif. Mulai dari hidangan berat seperti rendang hingga kudapan di kala santai semisal sala lauak. 

Jika rendang sudah kadung lazim, maka mari simak fakta seputar sala lauak. Adakah yang sudah mencicipi camilan tersebut?

1. Sala lauak berasal dari Pariaman, Sumatera Barat

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariamanpadek.co

Pariaman merupakan salah satu 'daerah pantai' di Sumatera Barat sebab memang berbatasan dengan pesisir pulau Sumatera. Daerah ini dikenal dengan kudapan khasnya yakni sala lauak.

2. Sala lauak berbentuk seperti bola oranye kecil dan bertekstur renyah lagi empuk

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariamanresepkoki.id

Sala lauak memiliki bentuk seperti bola-bola kecil berwarna cenderung oranye (pasca digoreng) dengan isian berupa ikan atau udang yang sudah dihaluskan. Camilan ini bertekstur renyah pada permukaannya, namun empuk di bagian dalam.

Baca Juga: 5 Fakta 'Gulai Tambunsu', Kuliner Minang yang Diolah dari Usus Sapi

3. Sala lauak diolah dari campuran tepung, ikan atau udang yang dihaluskan, serta rempah

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariamansportourism.id

Agaknya wajar mengapa sala lauak merupakan kuliner ikonik dari daerah pantai ini. Usut punya usut, 'lauak' memiliki arti ikan. Oleh sebab itu, kudapan ini pun memiliki bahan baku berupa ikan atau udang yang dihaluskan, lalu dicampur dengan tepung, serta rempah.

4. Selain sebagai camilan, sala lauak juga kerap disajikan sebagai makanan pendamping

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariamantokopedia.com

Tak hanya sedap disantap sebagai camilan di kala santai, sala lauak pun kerap dihidangkan sebagai pendamping untuk makanan utama. Tekstur renyahnya akan pas dilahap bersama makanan berkuah. Misalnya, lontong ataupun ketupat sayur. 

5. Sala lauak dapat dijumpai di berbagai tempat

5 Fakta Sala Lauak, Kudapan Tradisional Khas Minang dari Pariamanmerahputih.com

Di Pariaman, sala lauak dapat dijumpai di berbagai tempat, dan harganya pun terbilang ramah di kantong. Mulai dari yang dijajakan pada bus antar kota di Sumatera Barat, di terminal, di pasar tradisional, hingga di obyek wisata seperti pantai andalan di Kota Pariaman yakni Pantai Gandoriah.

Jangan lupa, harus banget cicipi sedapnya sala lauak jika berkunjung ke Pariaman.

Baca Juga: 5 Minuman Tradisional Khas Ranah Minang yang Punya Rasa Unik

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You