Comscore Tracker

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!

Mulai dari es krim hingga baluran steak, lho

Tak dapat dipungkiri, kopi digilai oleh individu lintas usia. Umumnya, para penggemar kopi mempunyai biji maupun bubuk kopi di rumah untuk dijadikan stok. Cukup diseduh saja tiap kali ingin menikmati secangkir kopi buatan sendiri. Alih-alih dibuang, ampas kopi rupanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk beragam variasi makanan hingga minuman. Apa saja, ya?

1. Smoothie 

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!athome.starbucks.com

Menambahkan sisa seduhan kopi saat membuat smoothie agaknya mampu memperkaya cita rasa dari minuman sehat yang satu ini. Terutama sekali bagi yang memang pecinta kopi, tentu kreasi rasa tersebut menjadi daya tarik sendiri. Alhasil, smoothie pun tak hanya sanggup menahan serangan lapar di kala pagi, namun juga membantu melawan kantuk. 

2. Saus BBQ 

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!tastykitchen.com

Mirip seperti manfaatnya pada smoothie tadi, mencampurkan sisa kopi ke dalam saus BBQ pun ampuh memperkaya cita rasa akhir dari sajian. Cukup tambahkan saja kopi saat meracik saus, sesuaikan takarannya dengan selera. Nah, kreasi saus ini dapat dijadikan olesan untuk steak, ayam, sosis, dan sebagainya. 

Baca Juga: 5 Olahan Kerang Tiram Ini Dijamin Buat Kalian Ketagihan, Sudah Coba?

3. Steak 

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!eatthis.com

Kali ini sisa bubuk kopi digunakan sebagai bumbu kering pada daging untuk olahan steak. Caranya pun praktis. Campurkanlah sisa bubuk kopi dengan bahan-bahan bumbu utama seperti bubuk bawang putih, bubuk cabai, bubuk paprika, dan lainnya. Kemudian balurkan campuran bahan tersebut secara merata pada permukaan daging.

4. Brownies

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!krups.co.uk

Brownies umumnya memiliki cita rasa manis yang dominan. Kendati demikian, ternyata cita rasa tersebut dapat lebih dikreasikan dengan cara menambahkan kopi, lho. Pasalnya, kopi pun memang sudah memiliki cita rasanya yang khas. Tak heran, kreasi brownies akan menjadi lebih unik.

5. Es krim 

5 Kreasi Sisa Kopi untuk Masakan dan Minuman, Ah Mantap!seriouseats.com

Es krim rasa kopi memang telah dikomersilkan, akan tetapi kreasi es krim kopi ala kamu sendiri agaknya tak akan kalah nikmat. Tepatnya, pakailah kopi yang diseduh dengan teknik Cold brew, yakni teknik menyeduh kopi menggunakan air dingin ataupun didiamkan pada suhu ruangan.

Campurkanlah kopi cold brew tadi dengan yoghurt berprotein tinggi seperti greek yoghurt, lalu masukkan ke dalam freezer. Cita rasa dan aroma yang khas dari kopi cold brew tersebut dapat dikombinasikan dengan cita rasa lain dari topping sesuai selera mulai dari stroberi, kacang, pisang, dan lainnya. 

Kopi memang digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda. Agaknya cita rasa khas dari kopi tersebut membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Walau kopi memang sedap dan dapat dikreasikan dengan beragam masakan hingga minuman, akan tetapi konsumsi kopi tetap harus dijaga. Pasalnya, sesuatu yang berlebihan itu memanglah tak baik, lho.

Baca Juga: 7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya