Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!

Biasanya kamu mengolah kolang kaling untuk sajian apa?

Kolang-kaling kerap dijadikan camilan yang diolah ke dalam beragam sajian. Pengolahan kolang-kaling terbilang sederhana, namun apabila tak dibersihkan dengan tepat justru akan rentan basi, berbau tak sedap, bahkan berlendir. Imbasnya, sajian berbahan kolang-kaling tentu optimal. Nah, jangan bingung, inilah trik untuk mengakalinya.

1. Saat membeli, pilihlah kolang-kaling yang masih berkualitas bagus

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!atmago.com

Kolang-kaling yang masih segar agaknya dapat diperhatikan melalui aroma asam yang khas, berwarna bening namun sedikit kusam, dan bertekstur kenyal. Pasalnya, memilih kolang-kaling yang masih berkualitas bagus akan berdampak pula pada kualitas sajian yang akan diolah dari kolang-kaling tersebut.

2. Cuci kolang-kaling menggunakan air yang mengalir sembari menggosoknya lembut

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!dreamstime.com

Selanjutnya, cucilah kolang-kaling menggunakan air yang mengalir sembari menggosok permukaannya dengan lembut. Apabila dirasa sudah cukup bersih, tiriskan kolang-kaling dan tempatkan dalam wadah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan, Gak Hanya Pemanis Ajah

3. Rendam kolang kaling dalam air cucian beras selama 1-2 jam 

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!ru.freepik.com

Agar kolang-kaling menjadi kesat dan bebas bau, gunakanlah air tajin alias air bekas cucian beras untuk mencuci ulang kolang-kaling tadi sambi menggosok permukaannya perlahan. Kemudian, rendam kolang-kaling dalam air cucian beras tersebut selama 1-2 jam.

4. Tiriskan kolang-kaling yang sudah direndam, bilas hingga bersih

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!theshonet.com

Setelah direndam cukup lama, buanglah air cucian beras tersebut. Setelah itu, bilas kolang-kaling hingga bersih, terasa kesat, dan aromanya tak lagi berbau pekat. Alhasil, kolang-kaling pun siap diolah dengan lebih maksimal.

5. Rebus kolang-kaling dalam air yang dicampur daun pandan dan daun jeruk purut

5 Tips Mencuci Kolang-Kaling agar Kesat dan Bebas Bau, Jitu Banget!amandachastity.mycakeprojects.com

Apabila ingin membuat tekstur kolang-kaling menjadi lebih empuk, maka rebuslah kolang-kaling dalam air yang dicampur daun pandan dan daun jeruk purut (buang tulang daunnya) hingga teksturnya melunak. Kemudian, simpan kolang-kaling dalam wadah tertutup rapat saat sudah benar-benar dingin pasca direbus. Masukkan ke dalam kulkas supaya lebih awet.

Mencuci kolang-kaling memang harus dengan cara khusus agar hasilnya maksimal. Kalau kamu mau mengolah makanan dengan kolang-kaling, wajib tahu cara terbaiknya untuk mencuci, ya.

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Kolang-kaling Gula Aren yang Manis untuk Takjil

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya