Comscore Tracker

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!

Boleh banget dicicip bagi penggemar pedas, nih

Seafood atau makanan laut merupakan pilihan yang agaknya populer bagi orang-orang tertentu. Selain bahan bakunya, cita rasa khas yang disuguhkan pun tak kalah menggoda.

Misalnya saja kuliner dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Tak sedikit makanan khas Korea Selatan menggunakan cumi-cumi dan gurita sebagai bahan bakunya. Apalagi, cita rasa pedasnya yang menggoyang lidah. 

Berikut lima olahan khas Korea Selatan yang berbahan dasar cumi-cumi dan gurtia. Awas, ngiler!

1. Ojingeo bokkeum

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!koreanbapsang.com

Ojingeo bokkeum alias spicy stir-fried squid merupakan sajian tumis cumi dengan cita rasa pedas yang kentara. Hal ini tak mengherankan sebab cumi-cumi ditumis dalam gochujang (pasta cabai merah) dan gochugaru (bubuk cabai merah), serta bumbu-bumbu lain. Kendati demikian, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera berdasarkan takaran gochujang maupun gochugaru.

2. Muneo jorim

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!worldfood.guide

Sajian gurita berbumbu ini dipadukan dengan saus pedas-manis. Cita rasa yang disuguhkan oleh muneo jorim alias braised octopus tersebut terbilang kaya. Pasalnya, tekstur kenyal dari gurita semakin memperkuat cita rasa gurihnya saat dipadukan dengan saus, serta taburan wijen.

Baca Juga: 5 Aneka Sup Daging Sapi dari Korea Selatan, Hangat dan Gurihnya Nikmat

 3. Jjamppong 

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!koreanbapsang.com

Kalau jjampong alias spicy seafood noodle soup terdiri dari beragam makanan laut. Salah satunya, yakni cumi-cumi. Cita rasanya adalah pedas sebab memang dicampurkan dengan gochugaru (bubuk cabai), daun bawang, serta sayuran seperti kol dan wortel, bahkan jamur. Sajian mi kuah pedas ini enak banget disantap selagi hangat.

4. Ojingeo tonggui

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!maangchi.com

Sekilas olahan satu ini terdengar mirip seperti ojingeo bokkeum. Namun, cumi-cumi pada ojingeo tonggui diolah dengan cara dibakar. Oleh sebab itu, sajian ini dikenal dengan nama internasional spicy grilled squid. Cita rasa pedasnya juga berasal dari penggunaan gochujang (pasta cabai), tepatnya sebagai olesan.

5. Ojingeo jeot

5 Sajian Khas Korea Berbahan Cumi-cumi dan Gurita, Pedasnya Mantap!en.wikipedia.org

Sesuai namanya, ojingeo jeot alias fermented squid memang bercita rasa asin. Setelah dibersihkan, cumi-cumi untuk hidangan ini lantas diiris tipis, lalu difermentasi dan diasinkan.

Usut punya usut, sajian ini merupakan salah satu banchan (lauk-pauk) yang populer di Korea Selatan. Ojingeo jeot dapat disantap langsung pasca dibumbui maupun sebagai pelengkap kimchi

Olahan masakan berbahan baku makanan laut memang memiliki pesona tersendiri. Misalnya saja beragam kuliner khas Korea Selatan yang menggunakan cumi-cumi dan gurita. Terutama bagi penggemar nuansa pedas, makanan di atas boleh banget  dicoba. Mau cicip yang mana duluan, nih?

Baca Juga: Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya