Comscore Tracker

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentik

Kuliner terbaik dari Minang nih!

Kuliner dari ranah Minang memiliki kekhasan dari bahannya yang kaya rempah serta citarasa yang cenderung pedas. Tak heran mengapa Sumatera Barat pun memiliki sambal andalan seperti Samba lado tanak. Nah, bagi kamu yang memang menggilai masakan Minang, harus banget nih tahu info menarik seputar kuliner klasik yang satu ini.

1. Samba lado tanak berasal dari Nagari Sungai Jambu di Kabupaten Tanah Datar

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentikpasbana.com

Samba lado Tanak merupakan sajian khas dari Nagari Sungai Jambu, yang berlokasi di pinggang Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar. Konon, kuliner ini tercipta lantaran masyarakat setempat menyiasati dinginnya suhu di area tersebut melalui santapan pedas berupa samba lado (sambal cabai dalam bahasa Indonesia).

2. Sesuai namanya, Samba lado tanak, memang bercitarasa pedas

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentikcookpad.com/Amelia

Kata 'lado' dalam Samba lado tanak memiliki arti 'cabai' dalam bahasa Indonesia. Pasalnya, hidangan ini memang diolah dari cabai yang lumayan banyak. Alhasil, citarasanya tentulah pedas.

3. Samba lado tanak pun dimasak dengan cara klasik sehingga citarasanya tetap otentik

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentikcookpad.com/endrina utami

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Samba lado tanak yakni cabai, santan, ikan teri, telur rebus, petai/jengkol, serta aneka rempah-rempah lain. Semua bahan tersebut dimasak menggunakan kuali, dengan api dari kayu bakar. Inilah yang membuat citarasanya unik, bahkan aromanya pun khas.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Minang Selain Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba

4. Samba lado tanak memiliki kuah seperti kalio namun dengan citarasa yang lebih pedas

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentikcookpad.com

Ketika sudah matang, Samba lado tanak tersebut memiliki kuah seperti 'kalio' yakni jenis gulai yang bertekstur lebih kental, atau lazim dikenal sebagai 'rendang setengah jadi' sebab kuahnya tak dimasak hingga kering. Selain itu, warna minyaknya pun tampak kemerahan yang secara tak langsung juga mengindikasikan semakin pedas pula citarasanya.

5. Samba lado tanak terbilang jarang ditemukan walaupun di area Sumatera Barat

Samba Lado Tanak, Kuliner Klasik Minang Bercitarasa Otentikcookpad.com

Usut punya usut, Samba lado tanak rupanya cukup jarang ditemukan di Sumatera Barat. Sebab, kuliner klasik yang satu ini memang tak sering tersedia di berbagai rumah makan Padang sekalipun. 

Memamng kuliner tradisional nusantara begitu kaya, salah satunya adalah Samba lado tanak yang merupakan kuliner klasik asli dari Sumatera Barat. Nah, sudah cukup menggugah seleramu?

Baca Juga: Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkol

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You