Comscore Tracker

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!

Cobain sendiri, deh

Salah satu sumber protein ini masif diolah sebagai sajian seafood. Mulai dari digoreng, dipanggang, digulai, hingga disup. Kendati demikian, tak jarang kuah pada sup ikan malah mengeluarkan bau amis saat disajikan kelak. Imbasnya, selera makan pun dapat menurun. Nah, inilah beberapa kiat supaya sup ikan buatanmu dapat bebas amis! 

1. Pastikan ikan yang digunakan masih dalam kondisi segar

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!simplyrecipes.com

Ikan yang kesegarannya sudah jauh berkurang akan mengeluarkan aroma amis yang sangat menyengat, serta daging pada ikan tersebut pun tak lagi padat. Selain itu, ikan yang terlampau lama disimpan di dalam freezer juga cenderung memiliki bau lebih amis.

2. Gunakan jenis ikan tertentu yang memang memiliki aroma amis lebih samar

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!simplyrecipes.com

Walaupun sama-sama berbau amis, akan tetapi beberapa jenis ikan rupanya mengeluarkan bau amis yang tak sepekat jenis ikan lain. Misalnya saja, pilihlah ikan gurame, ikan kakap, hingga ikan kerapu untuk olahan berkuah seperti sup.

3. Saat akan digunakan, bersihkan ikan dengan cara yang tepat

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!thespruceeats.com

Cucilah ikan dengan bersih, buang isi perutnya, dan singkirkan sisik ikan dengan sempurna. Usut punya usut, terkadang bagian kepala ikan menyimpan bau amis yang lebih kuat dibandingkan bagian lain pada ikan tersebut. Dengan kata lain, apabila memang tak akan dikonsumsi, maka buanglah kepala ikan itu.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Udang, Hewan Kecil yang Kerap Ada di Olahan Seafood

4. Rendam ikan dalam air jeruk nipis atau air asam jawa atau cuka apel atau lemon

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!angsarap.net

Perasan jeruk nipis memang kadung dikenal sebagai bahan alami untuk menyingkirkan bau amis. Alternatif lain yakni air asam jawa, lemon, atau cuka apel. Rendamlah ikan yang akan digunakan di dalam salah satu bahan tersebut selama 10-20 menit.

5. Tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang ke dalam kuah sup

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!misstamchiak.com

Kendati hidangan sup terbilang menggunakan rempah yang tak sebanyak gulai, namun tak ada salahnya untuk lebih memperkaya sup tersebut dengan bumbu dapur lain agar aroma amis dapat lebih tersamarkan. Misalnya, tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang ke dalam kuahnya.

6. Goreng ikan terlebih dahulu, tapi jangan digoreng terlalu lama

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!unileverfoodsolutions.co.id

Menggoreng ikan sebelum dicampurkan dengan kuah sup dapat menekan bau amis yang keluar saat sup ikan disajikan kelak. Namun, jangan menggorengnya terlalu lama supaya tak menjadi terlampau keras saat dijadikan sup ikan kelak.

7. Masak kuah hingga matang, dan masukkan ikan saat kuah sup sudah mendidih

7 Tips Memasak Sup Ikan yang Bebas Amis, Makan pun Kian Berselera!bowlofdelicious.com

Masak kuah untuk sup terlebih dahulu lengkap dengan bumbu-bumbunya, dan masukkan ikan ketika kuah tersebut sudah mendidih. Pasalnya, kuah yang sudah matang dan air mendidih itu dapat menyamarkan aroma amis dari ikan tersebut.

Semoga tips di atas dapat membuat sajianmu semakin sedap, ya!

Baca Juga: 7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafood

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You