Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!

Mana nih yang ngaku penggila ceker ayam?

Agaknya seluruh bagian tubuh ayam dapat diolah menjadi aneka sajian. Termasuk, ceker ayam, yang kerap dimasak menjadi tumis ceker, dimsum, sup, sate ceker, hingga ceker goreng pedas. Kendati tampilannya agak 'kurang enak dipandang', tapi ceker ayam pun mengandung nutrisi yang tak kalah penting bagi kesehatan dibalik citarasa gurihnya.

Yuk, ikuti tips berikut supaya ceker ayam ala rumahan tak malah alot dan keras. Dijamin bakal empuk hingga ke tulang, deh!

1. Bersihkan, buang kuku, dan kuliti

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!kfm.co.za

Pastikan ceker ayam tersebut dibersihkan dengan sempurna. Kemudian, buanglah bagian kuku menggunakan pisau ataupun gunting. Selanjutnya, rendam ceker ayam beberapa saat dalam air hangat supaya lebih mudah saat mengulitinya nanti. Lepaskan bagian kekuningan yang menempel pada ceker secara perlahan hingga tampak dagingnya yang putih kemerahan.

2. Rebus dalam campuran garam dan perasan jeruk nipis

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!padaek.com

Rebuslah ceker ayam sekitar 1 jam menggunakan api kecil, serta campurkan sedikit garam dan perasan jeruk nipis ke dalam air rebusan tersebut. Tujuannya, supaya ceker ayam tersebut dapat lebih empuk dan tak lagi amis. 

Nah, jika ingin menghemat waktu, gunakan saja panci presto yang memiliki sistem pengaturan tekanan uap dan panas. Tunggu sekitar 10 menit supaya ceker ayam menjadi lebih empuk.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Ceker yang Lezat dan Kaya Rasa, Ada yang Super Pedas Juga

3. Tiriskan, buang air rebusan pertama

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!allasiarecipes.com

Selanjutnya, buanglah air rebusan tersebut. Jangan gunakan sebagai kaldu sebab aroma amis dari ceker ayam sekiranya masih tersisa. Nah, sembari meniriskan ceker ayam, masaklah air hingga mendidih menggunakan api kecil. Kemudian masukkan ceker ayam yang sudah ditiriskan ke dalamnya, dan tunggu hingga 5 menit. Air rebusan kedua ini dapat disisihkan untuk dijadikan kaldu.

4. Goreng setengah matang, rendam dalam air es

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!seriouseats.com

Angkat dan tiriskan ceker ayam, lalu goreng setengah matang dengan minyak secukupnya. Berhati-hatilah terciprat minyak panas, sebab ceker ayam memang masih agak basah sesaat akan digoreng.

Selanjutnya, langsung masukkan ceker ayam ke dalam air es hingga dagingnya tampak mengembang. Pastikan semua bagiannya terendam, supaya daging ceker ayam tersebut menjadi lebih mekar dan tebal. 

5. Tiriskan, bumbui sesuai sajian yang dimasak

5 Tips Mengolah Ceker Ayam, Empuk Hingga ke Tulang!youtube.com

Tiriskan sebentar supaya ceker ayam tak malah terlalu lembek. Nah, ceker ayam yang empuk pun dapat dimasak bersama bumbu-bumbu lain sesuai selera. Untuk memastikan bau amisnya hilang, lumuri ceker ayam dengan perasan air jeruk nipis sebelum diolah. 

Wah, jadi gak sabar nih mau melahap ceker ayam!

Baca Juga: Resep dan Cara Bikin Bubur Ayam, Sarapan Pagi Jadi Lebih Nikmat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You