Comscore Tracker

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeo

Pyeonsu kerap disantap saat musim panas, nih

Pangsit merujuk pada jenis hidangan yang isiannya dibungkus menggunakan lembaran kulit terbuat dari adonan tepung terigu. Isian tersebut dapat berupa cincangan bahan nabati seperti sayuran ataupun bahan hewani seperti daging. Pangsit diolah dengan cara dikukus ataupun digoreng.

Nah, agaknya, orang Asia sudah kadung umum dengan pangsit. Pasalnya, sajian ini memang merupakan bagian dari kuliner khas Asia. Hal ini juga berlaku dalam kuliner Korea Selatan. Misalnya saja melalui hidangan bernama pyeonsu.

Apa sih keunikan pangsit yang satu ini? 

1. Pyeonsu memiliki makna 'potongan kecil dalam air' secara etimologi

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeoilustrasi pyeonsu (instagram.com/p.super)

Secara etimologi dalam bahasa Korea, pyeonsu memiliki makna 'potongan kecil dalam air'. Hal ini sejalan dengan tampilan pangsit tersebut saat disajikan. Tepatnya, pyeonsu yang berukuran kecil itu memang tampak mengapung di atas kuahnya.

Dengan kata lain, pyeonsu merupakan jenis pangsit yang diolah dengan cara dikukus. Untuk menyantapnya, pangsit yang satu ini pun dihidangkan lengkap bersama kuahnya.

2. Isian pyeonsu terbuat dari sayur yang ditambahkan kuah berupa soy sauce

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeoilustrasi pyeonsu (instagram.com/sooreureu)

Pangsit dapat dikreasikan dengan beraneka isian. Untuk pyeonsu, bahan bakunya identik dengan penggunaan sayur-sayuran. Selain itu, cincangan daging sapi pun juga sering dijadikan pelengkap.

Sementara itu, untuk kuahnya, pyeonsu menggunakan kuah dengan bahan baku berupa soy sauce (kecap asin ala Korea). Kuah tersebut disajikan saat dingin.

Baca Juga: 10 Makanan Korea yang Mirip Kuliner Indonesia, Mana Favoritmu? 

3. Pyeonsu merupakan kuliner klasik yang telah ada sejak zaman dinasti Goryeo

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeoilustrasi pyeonsu (instagram.com/w.woo_2)

Hidangan pangsit yang satu ini rupanya termasuk ke dalam kategori masakan klasik. Pasalnya, pyeonsu telah tercipta sejak zaman dahulu. Menurut sejarah, pangsit tersebut mulanya diperkenalkan oleh orang Tiongkok yang mengunjungi daerah bernama Gaeseong.

Area tersebut merupakan kota perdagangan internasional di era dinasti Goryeo. Hal ini pula yang membuat pyeonsu dirujuk sebagai kuliner khas dari Gaeseong. Kendati termasuk kuliner legendaris, pyeonsu tetap diminati pada zaman sekarang.

4. Pyeonsu alias Korean summer vegetarian dumpling kerap dinikmati saat musim panas

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeoilustrasi pyeonsu (instagram.com/kgrfood)

Kuliner khas dari Korea Selatan tak hanya digemari oleh masyarakat lokal. Buktinya, pyeonsu dikenal di kancah internasional dengan sebutan Korean summer vegetarian dumpling. Pasalnya, pangsit ini memang kerap dilahap saat musim panas.

Kuah dinginnya ampuh memberi kesegaran sekaligus kelezatan. Selain itu, pangsit tersebut juga cocok direkomendasikan bagi vegetarian karena bahan bakunya yang berupa bahan nabati.

5. Pyeonsu memiliki keunikan berupa bentuknya yang menyerupai persegi

5 Trivia Pyeonsu, Pangsit Sayur yang Tercipta Sejak Era Dinasti Goryeoilustrasi pyeonsu (instagram.com/eatprayluv_531)

Keunikan pyeonsu tak hanya sebab dijuluki pangsit sayur sebab berbahan utama berupa sayur-sayuran. Usut punya usut, pyeonsu pun unik dengan bentuknya. Tepatnya, pangsit yang satu ini dibentuk khas menyerupai persegi. 

Saat disajikan, pyeonsu biasanya diberi hiasan berupa irisan atau potongan bahan-bahan nabati lainnya. Alhasil, tampilannya pun menjadi lebih menarik.

Wah, pyeonsu tampak sangat menggoda lidah, ya? Apabila kamu berkunjung ke Korea Selatan, jangan lupa untuk memasukkan pyeonsu ke dalam daftar wisata kuliner favoritmu, ya! 

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman untuk Netralkan Efek Samping dari Makanan Pedas

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya