Comscore Tracker

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!

Rasanya raos pisan, guys!

Lotek merupakan kuliner khas Bandung yang terbuat dari berbagai macam sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang dengan cita rasa manis pedas. Sayuran yang digunakan biasanya terdiri dari kangkung, kol, labu, kacang panjang dan tauge. Jadi selain enak, lotek juga menyehatkan karena kaya akan serat guys!

Sepintas lotek hampir mirip dengan pecel atau gado-gado, baik dari bahan atau tampilannya, yang membedakannya hanya dari bumbu kacangnya saja. Jika kamu sedang berada di Bandung, kamu wajib coba makanan yang enak sekaligus menyehatkan ini. Dan berikut ini rekomendasi lima lotek terenak di Bandung yang bisa kamu jadikan alternatif menu makan siangmu selama di sana. Check this out!

1. Lotek Kalipah Apo

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!instagram.com/aldresia88

Lotek pertama yang wajib kamu coba adalah lotek Kalipah Apo. Kedai lotek yang sudah berjualan sejak tahun 1953 ini mempunyai lotek legendaris yang sudah begitu terkenal di Bandung. Cita rasanya yang otentik dengan racikan yang tetap sama sedari dulu, membuat kedai ini selalu disesaki pelanggan setiap harinya, terutama saat jam makan siang.

Ciri khas dari kedai lotek Kalipah Apo adalah bumbu kacangnya yang bertekstur halus seperti saus kental dengan tambahan kencur yang membuat rasanya semakin juara. Selain itu, bumbu kacang di sini juga disajikan dengan porsi royal dan bisa kamu pesan dengan pilihan rasa biasa atau pedas.

Seporsi lotek di kedai ini berisikan kangkung, nangka muda, kol, tauge dan kacang panjang dengan topping kerupuk udang yang renyah. Untuk semakin memperkaya rasa, kamu juga bisa memesan menu tambahan berupa lontong dan goreng tempe.

Selain lotek sebagai menu andalan, di kedai ini juga tersedia beragam menu lainnya yang gak kalah menggugah selera seperti lontong kari ayam, rujak, laksa ayam hingga es cendol dan kolak pisang.

Lokasi : Jl. Kalipah Apo No. 42, Astana Anyar, Bandung

Jam operasional : Rabu - Senin (09.00 - 16.30), Selasa tutup

Harga : Rp. 20.000 - 40.000

2. Lotek Alkateri

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!instagram.com/maria_supriatna

Lotek selanjutnya yang terkenal enak di Bandung adalah lotek Alkateri. Lotek ini selain enak dengan bumbu kacang yang manis, pedas dan gurihnya terasa pas, juga dikenal karena cara penyajiannya yang khas. Berbeda dengan kedai lotek lainnya yang menggunakan piring, lotek di sini disajikan dengan kertas nasi dan sedikit daun pisang yang dibentuk kerucut seperti es krim cone yang biasa disebut cangkedong.

Di lotek Alkateri selain ada menu lotek biasa dengan isian yang sama seperti lotek lainnya, juga tersedia menu lotek pahit yang ditambahkan pare atau daun pepaya. Lotek pahit di sini cukup digemari pelanggan karena mempunyai perpaduan rasa unik yang gak kalah enaknya. Bagi kamu yang ingin mampir ke kedai ini, usahakan jangan terlalu sore ya, soalnya takut gak kebagian.

Lokasi : Jl. ABC No. 16, Braga, Kota Bandung

Jam operasional : 09.20 - 16.00

Harga : Rp. 15.000 - 20.000

3. Lotek Tjihapit

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!instagram.com/fahmyariabangun

Lotek Tjihapit ini termasuk salah satu kedai lotek legendaris di Bandung yang telah eksis sejak tahun 1970. Kedai ini menyediakan dua menu lotek, yaitu lotek matang dan lotek mentah. Jika lotek matang sayurannya direbus terlebih dahulu, sedangkan lotek mentah sayurannya langsung dicampur bumbu kacang dalam kondisi segar. Kamu bisa memilihnya sesuai selera dengan rasa yang sama enaknya.

Sepiring lotek di sini berisikan kangkung, bayam, kol dan tauge serta tahu kuning goreng yang lembut dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk yang renyah di atasnya. Disajikan dengan campuran bumbu kacang yang manis dan gurih, membuat rasa lotek di sini semakin menggoyang lidah.

Selain menu lotek, di sini juga menyediakan menu tradisional lainnya yang gak kalah menggoda selera, seperti nasi rames dan ayam bakar.

Lokasi : Jl. Cihapit No. 8A (Gang Masjid Istiqomah), Cihapit, Kota Bandung

Jam operasional : 09.00 - 15.00

Harga : Rp. 15.000 - 20.000

Baca Juga: Resep Bikin Colenak Khas Sunda ala Yummy yang Gurih dan Legit

4. Lotek Mahmud

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!instagram.com/heytheresia

Lotek berikutnya yang recommended di Bandung adalah lotek Mahmud. Meskipun letaknya berada di dalam gang, namun kelezatan lotek di sini membuatnya selalu dipenuhi pecinta kuliner sayuran berkuah bumbu kacang tersebut. Terlebih saat jam makan siang, dijamin antri guys!

Seporsi lotek di sini memiliki isian yang sama dengan lotek lainnya, namun diberi tambahan tahu dan tempe goreng serta kerupuk kuning yang semakin memperkaya rasa. Bumbu kacangnya juga nendang abis, manis dan pedasnya pas banget dengan sedikit rasa dan aroma kencur. Selain itu lotek di sini disajikan dalam porsi yang lumayan besar, jadi selain enak juga mengenyangkan guys.

Selain lotek yang jadi menu andalan, di sini juga terdapat menu lainnya yang gak kalah enak seperti gado-gado, nasi lengko, aneka rujak, dan tahu petis. Di kedai ini juga terdapat menu non halal seperti nasi bakmoy dan nasi bakut, namun dengan dapur yang terpisah. Sementara untuk minumannya, kamu wajib coba es peuyeum alias es tape yang rasanya enak plus menyegarkan.

Lokasi : Jl. Mahmud IV No. 9, Cicendo, Kota Bandung

Jam operasional : 08.00 - 16.00

Harga : Rp. 20.000 - 30.000

5. Lotek Macan

5 Lotek Enak di Bandung, Salad Khas Sunda, Bikin Nagih!instagram.com/donny_kianjaya

Lotek Macan juga termasuk lotek legendaris di Bandung karena sudah berjualan sejak tahun 1956. Resep yang tetap terjaga selama puluhan tahun, membuat rasa lotek di kedai ini tetap sama sedari dulu dan disukai pelanggan.

Ciri khas lotek di sini adalah bumbu kacangnya yang mempunyai cita rasa otentik dengan perpaduan manis dan pedas yang pas banget. Selain itu kerupuk di sini juga beda dengan di kedai lotek lainnya karena menggunakan kerupuk berwarna pink yang renyahnya tiada dua.

Selain lotek, kedai ini juga menawarkan menu tradisional lainnya seperti gado-gado, lontong sayur, soto Bandung, mie kocok, nasi rawon dan baso tahu. Selain itu juga terdapat berbagai kudapan dan minuman seperti kolak pisang, kolak campur, bubur lemu, rujak dan aneka jus.

Lokasi : Jl. Macan No. 1, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung

Jam operasional : 10.00 - 16.30

Harga : Rp. 15.000 - 40.000

Itulah lima rekomendasi lotek terenak di Bandung, yang cocok buat nemenin kamu makan siang. Kamu sudah coba yang mana?

Baca Juga: 10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudik

Angga Photo Verified Writer Angga

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya