Comscore Tracker

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! 

Rasanya unik dan autentik! #IDNTimesFood

Menghadirkan hidangan pembuka adalah cara yang ampuh agar membangkitkan nafsu makan. Bahasa kerennya, Appetizer! Setiap negara biasanya mempunyai beragam appetizer dengan cita rasa autentik yang sukses menggugah selera.

Dikenal dengan sajian-sajian kuliner yang istimewa, tentu appetizer dari Meksiko juga salah satu yang juara. Beragam appetizer dengan rasa yang unik dan lezat dapat dinikmati di negara ini.

Awas ngiler, ya! Berikut lima ragam appetizer khas Meksiko yang bakalan menggugah selera makan kamu semuanya!

1. Queso fundido

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! queso fundido (Instagram.com/brbdrooling)

Queso fundido adalah makanan yang terdiri dari potongan chorizo, tomat, bawang bombai, paprika poblano, dan keju leleh yang lengket. Makanan ini sering dihidangkan di tepi meja di restoran. Queso fundido disajikan dengan cara dibakar dan dihidangkan panas dalam casserole kecil.

Secara tradisional, hidangan ini disendokkan ke tortilla jagung lunak sehingga bisa dimakan secara individu.

2. Aguachile 

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! aguachile (Instagram.com/nutriologamarisolvallejo)

Aguachile merupakan makanan sederhana yang berasal dari negara bagian Sinaloa. Hidangan ini terdiri dari kombinasi udang mentah segar, mentimun, bawang merah, air jeruk nipis, dan cabai bubuk air.

Tidak seperti kebanyakan ceviches, makanan ini dihidangkan segera setelah udang dilapisi dengan air jeruk nipis karena sangat penting menjaga agar udang tetap segar. Aguachile umumnya disertai dengan alpukat dan tostadas.

Baca Juga: 5 Warung Sate Ayam Khas Madura yang Paling Terkenal di Jakarta

3. Guacamole 

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! guacamole (Instagram.com/earthlyprovisions)

Guacamole adalah hidangan sehat yang terdiri dari kombinasi alpukat matang yang ditumbuk dengan bawang, cabai, dan tomatillo. Makanan ini selanjutnya dibumbui dengan garam laut dan ketumbar.

Guacamole kadang disajikan dalam molcajete atau dijadikan cocolan untuk beberapa makanan ringan.

4. Chile Relleno 

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! chile relleno (Instagram.com/chef_jorgedxb)

Chile relleno merupakan makanan khas Meksiko yang berasal dari Kota Puebla. Makanan ini terdiri dari cabai yang diisi dengan bahan-bahan seperti keju, kacang-kacangan, kayu manis, dan daging potong dadu.

Setelah cabai diisi dengan bahan-bahan tersebut, kemudian makanan ini biasanya dicelupkan ke dalam telur dan tepung. Terakhir, chile relleno digoreng di dalam minyak yang panas sebelum disajikan.

5. Chalupa 

5 Ragam Appetizer Khas Meksiko yang Menggugah Selera, Dijamin Ngiler! chalupa (Instagram.com/the.culinary.pickpocket)

Chalupa merupakan makanan berupa tortilla tipis dan renyah yang bentuknya menyerupai kano atau cangkir. Bentuk tortilla diperoleh dengan cara mencubit dan memanggang adonan.

Tortilla kemudian digoreng dan diberi berbagai bahan gurih seperti daging babi, daging giling, ayam suwir, berbagai keju, dan kentang. Penambahan saus cabai merah atau cabai hijau sangatlah dianjurkan untuk menambah cita rasa.

Makanan pembuka khas Meksiko ini terlihat lezat, bukan? Berbagai kudapan penggugah selera asal Meksiko ini juga sangat mudah untuk dibuat di rumah, lho! Yuk, kita coba!

Baca Juga: 5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya