Comscore Tracker

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! 

#IDNTimesFood Inspirasi makanan ringan yang enak nih!

Setiap negara tentu mempunyai makanan khas yang menjadi kebanggaan mereka. Tak terkecuali Slovenia. Negara ini mempunyai banyak kuliner yang patut untuk dicoba.

Salah satunya adalah camilannya yang terkenal lezat dan juga simpel. Makanan ringan ini tentu bisa menemani saat bersantai dan didampingkan dengan segelas kopi atau teh hangat.

Berikut lima camilan lezat khas Slovenia yang cocok jadi penunda lapar. Penasaran?

1. Ajdovi Krapi

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! ajdovi krapi (Instagram.com/fakulteta_za_turizem)

Ajdovi krapi merupakan makanan sejenis dumpling soba tradisional. Camilan ini diisi dengan campuran keju cottage dan bubur millet. Makanan ini secara tradisional disajikan dengan krim asam dan ditaburi dengan kerupuk. 

Terdapat juga versi manis yang biasanya diisi dengan hazelnut dan tambahan susu vanilla yang disiramkan ke dumpling.

2. Frtalja

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! frtalja (Instagram.com/vonjpoletja)

Frtalja merupakan makanan pedesaan yang sangat populer di negara ini. Hidangan ini mungkin terlihat seperti telur dadar atau panekuk, tetapi bukan keduanya. Makanan ini terbuat dari kombinasi telur kocok, tepung, bumbu, sayuran, daging yang diawetkan, dan garam.

Makanan yang sempat menjadi makanan pokok pada tanggal 1 Mei ini biasanya mempunyai tinggi sekitar 3 sentimeter.

Baca Juga: 5 Olahan Daun Talas, Jadi Pendamping Nasi hingga Camilan Lezat

3. Ocvirkove Pogačice

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! ocvirkove pogačice (Instagram.com/foodalises)

Ocvirkove pogačice merupakan camilan tradisional Slovenia yang berasal dari wilayah Prekmurje. Camilan ini dibuat dari kombinasi tepung, ragi, lemak babi, krim asam, kuning telur, susu, dan garam. Selanjutnya semua bahan dicampur dan digulung. Untuk bagian atas makanan ini dibuat dengan kombinasi kerupuk, lemak babi lembut, dan lada hitam.

Kemudian adonan dilipat dua kali, dibiarkan sebentar, lalu dikocok dengan roller pin, diregangkan, dan ditaburi kerupuk sekali lagi.

Selanjutnya adonan dipotong dengan gelas terbalik. Proses selanjutnya,camilan ini kemudian dihias dengan pola jaring persegi di atasnya dan dipanggang hingga berwarna keemasan.

4. Ubrnjenik

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! ubrnjenik (Instagram.com/visitluce)

Ubrnjenik adalah makanan sejenis dumpling yang cukup populer dijadikan sebagai camilan. Makanan ini berasal dari wilayah Lembah Savinja Atas. Dumpling terbuat dari gandum panggang, soba, atau tepung jagung dan susu asin mendidih.

Penambahan krim dan mentega perlu dilakukan agar dumpling mempunyai konsistensi dan rasa yang lebih baik. Semua kombinasi dari bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk menjadi bola yang disajikan hangat atau dingin.

5. Sireki

5 Camilan Lezat Khas Slovenia, Cocok Jadi Penunda Lapar! Sireki (turisticnekmetije.si)

Sireki merupakan makanan ringan atau makanan pembuka tradisional Slovenia. Makanan ini berasal dari daerah Slovenske Gorice. Camilan ini terbuat dari kombinasi keju cottage, garam, paprika, dan jinten.

Cara pembuatannya yaitu, keju dihaluskan dengan garpu, dibumbui dengan bumbu, kemudian dibentuk menjadi kerucut kecil yang sering kali seukuran gigitan.

Selanjutnya kerucut dikeringkan di bawah sinar matahari atau di tempat yang hangat di dapur. 

Nah, dari kelima camilan khas Slovenia ini, manakah yang menginspirasi kalian untuk hidangan di rumah?

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Bihun yang Praktis dan Mudah Dibuat

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya